Politik

Gantikan Yakubis, Hardi jadi Wakil Rakyat Tertua di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, Prokabar – Jika tidak ada aral melintang, Senin (12/11) mendatang Hardi, mantan Kepala Desa dan anggota Bamus di Batu Payuang, Lareh Sago Halaban akan dilantik menjadi anggota DPRD Limapuluh Kota menggantikan Yakubis, dari Partai Bulan Bintang.

Kabar pria kelahiran Juni 1951, atau 67 tahun silam itu akan dilantik menjadi anggota DPRD Limapuluh Kota daerah pemilihan Situjuah, Luhak dan Lareh Sagi Halaban.

Hal itu dibenarkan Kabag Humas, TU dan Protokoler Sekretariat DPRD Syaiful SP, Kamis (8/11).

“Pengantian Antar Waktu ini, karena telah keluarnya Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 171-787-2018 tentang Pemberhentian Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 171-788-2018 tentang Pengangangkatan Penganti Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, dan telah dijadwalkan melalui rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang disepakati pelaksanaanya pada Senin, 12 November 2018 yang dimulai pada jam 09.00 WIB dan undangannya telah disebar,” terang Syaiful mewakili Plt Sekwan M.Dharma Wijaya.

Yakubis, anggota DPRD Limapuluh Kota dua periode dari Partai Bulan Bintang, memilih maju dengan Partai Demokrat untuk Pileg 2019-2024 mendatang. Untuk itu, Yakubis harus mengundurkan diri dan dilakukan pemberhentian antar waktu.

Hal ini, sesuai ketentuan Pasal 139 Ayat (2) huruf i dan Pasal 193 ayat (2) huruf i UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah telah menegaskan bahwa anggota DPRD yang nyaleg bukan dari partai terakhirnya tapi menjadi Caleg 2019 – 2024 lewat partai lain diberhentikan antarwaktu.

Dengan kata lain Yakubis yang maju dan terdaftar sebagai bacaleg untuk Daerah Pemilihan Limapuluh Kota 5 yang meliputi Lareh Sago Halaban, Luak, dan Situjuah Limo Nagari yang bersangkutan menjadi anggota DPRD periode 2014 sampai dengan 2019 harus diberhentikan antar waktu. Ketentuan serupa juga ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Pasal 99 ayat (3) huruf i PP Nomor 12 tahun 2018, menegaskan itu, bahwa Anggota DPRD tersebut diberhentikan antar waktu,” kata M.Dharma Wijaya

Ketentuan ini juga sejalan dengan amanat Peraturan KPU Nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, Kabupaten atau Kota. Pasal 7 ayat (1) huruf t peraturan KPU menyatakan bakal calon anggota DPR dan DPRD adalah warga Negara Indonesia dan harus memenuhi persyaratan.

“Persyaratannya antara lain mengundurkan diri sebagai anggota DPR, DPRD yang dicalonkan oleh partai politik yang berbeda dengan partai politik yang diwakili pada pemilu terakhir,” Tukuk M.Dharma Wijaya.

Sehubungan dengan hal di atas, Yakubis telah mengambil sikap dengan membuat surat pernyataan pengunduran diri yang ditujukan Kepada ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Limapuluh Kota.

Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dan Bupati Kabupaten Limapuluh Kota berkirim surat kepada Gubernur Provinsi Sumatera Barat untuk pengusulan pemberhentian Yakubis dari Partai Bulan Bintang dan pengajuan pengantian Hardi.A.Md kelahiran Batu Payuang 5 Juni 1951 anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota tertua yang memperoleh 177 suara sah sebagai penganti antar waktu dari Yakubis yang memperoleh 1.477 suara sah.

Ditempat terpisah ,Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota Sastri Andiko Dt.Putiah SH dari Partai Demokrat menyambut baik masuknya Yakubis ke dalam partai Demokrat.

“Kita menyambut baik terhadap bergabungnya sdr.Yakubis kedalam Partai Demokrat sebagai bacaleg untuk Daerah Pemilihan Limapuluh Kota 5 yang meliputi Lareh Sago Halaban, Luak, dan Situjuah Limo Nagari. Hal ini, diharapkan dapat memperkuat dan akan menambah dalam perolehan suara Partai Demokrat pada pemilu 17 April 2019 mendatang” ujar Sastri Andiko Dt.Putiah SH

Ditambahkannya, baru dalam sejarah Pemilu Legislatif yang dipilih langsung oleh rakyat pada Daerah Pemilihan Limapuluh Kota-5 terdiri dari Kecamatan Luak, Lareh Sago Halaban dan Situjuah Limo Nagari dengan alokasi kursi sebanyak 8 kursi, dengan masuknya Hardi dari PBB akan menjadikan 5 (lima) orang putra terbaik dari Kecamatan Lareh Sago Halaban yang duduk menjadi wakil rakyat di DPRD Limapuluh Kota yang sebelumnya baru 4 (empat) orang yaitu : Sastri Andiko dari Demokrat, Amril B dari PKB, Virmadona dari Gerindra, dan Wirman Dt.Pangeran Nan Putiah. “In Sya Allah pada Pileg 2019 mendatang dapat mempertahankannya“ ulas Sastri Andiko Dt.Putiah SH

Sementara Hardedi yang merupakan anggota DPRD Limapuluh Kota dari Partai Bulan Bintang, mengharapkan dengan pengangkatan Hardi sebagai PAW dari sdr Yakubis dapat memberikan nilai positif dari sisa waktu DPRD periode 2014-2019.

“Kami mengarapkan kehadiran dari Sdr.Hardi yang mengantikan sdr Yakubis dapat bekerja dengan baik dengan menjalin komunikasi yang efektif,karena mengingat sdr Yakubis selama dua priode duduk menjadi anggota DPRD Limapuluh Kota telah banyak berbuat untuk kemajuan Partai PBB maupun Kabupaten Limapuluh Kota Ujar Hardedi.

Hardi dapat dipastikan, akan menjadi anggota DPRD Limapuluh Kota tertua dalam sisa jabatan periode 2014-2019. Tepat usianya, sudah 67 tahun. (vbm)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top