Trending | News | Daerah | Covid-19

Budaya

Festival Nan Jombang Tanggal 3 Tampilkan NADI Singapura

Dibaca : 226

Padang, Prokabar – Tahun ini, 2020 Nan Jombang Grup menjalankan program tahunannya seperti tahun tahun berikutnya namun dengan beberapa peningkatan di beberapa bagian festival.

Pada Festival Nan Jombang Tanggal 3 tahun ini kelompok kesenian yang akan ditampilkan tidak hanya kesenian tradisi saja tapi juga kesenian garapan baru yang tentunya memiliki visi dan misi bagi perkembangan kesenian kedepannya.

“Memasuki 8 tahun penyelenggaraannya Festival Nan Jombang Tanggal 3 menjadi lebih dewasa dan matang baik dalam hal penyelenggaraan maupun dalam hal materi pertunjukan,” kata Manager Nan Jombang Dance Company, Angga Mefri, Minggu (1/3).

Bulan ini memasuki bulan ketiga penyelenggaraan Festival Nan Jombang Tanggal 3. Pada tahun 2020 ini Nan Jombang Grup memberikan nuansa baru dan gejolak yang berbeda dengan menampilkan Grup Kesenian NADI Singapura.

Hal tersebut tidak terlepas dari keinginan Nan Jombang Grup untuk memberikan pertunjukan-pertunjukan yang berkualitas dan nilai seni yang tinggi. Perbaikan dan evaluasi selalu dilakukan dari tahun ke tahun agar penyelenggaraan setiap festival dan berjalan dengan baik.

“Nadi singapura merupakan kelompok kesenian yang berasal dari negara tetangga Singapura. NADI Singapura sendiri berdiri pada tahun 2011,” katanya.

Memasuki usia ke-9 tahun kelompok NADI Singapura menjadi salah satu kelompok kesenian melayu yang ada di negara Singapura.

Berdasarkan Penuturan Riduan Zalani (34 tahun) sebagai artistik direktur NADI Singapura, Nadi Singapura dibentuk dan didirikan dengan keinginan untuk menjadi kelompok yang bukan saja melestarikan budaya tapi juga membuat karya yang menyatukan elemen-elemen tradisi dan kontemporer.

NADI Singapura merupakan kelompok kesenian melayu di Singapura yang memiliki fokus pengkaryaan pada seni musik. Hingga tahun ini NADI Singapura sudah menciptakan lebih dari 50 karya lagu.

Instrumen utama yang digunakan dalam setiap penciptaan karya yakni rebana, jidur, dan kumpang. Tidak hanya musik, namun dalam setiap karya karyanya NADI Singapura juga memasukkan unsur tari dan drama. Seluruh unsur tersebut dijadikan menjadi satu kesatuan dalam sebuah karya musik.

Tahun 2019 silam, NADI Singapura menjalin kerjasama dengan Nan Jombang Dance Company pada penampilan karyanya yang berjudul “Fatih the prince and the drum” yang ditampilkan di Esplanade Singapura.

Pada penampilan di Festival Nan Jombang Tanggal 3 nanti NADI Singapura akan membawakan karya yang berjudul Bumi Tak Diam yang terdiri dari beberapa lagu. Pertunjukkannya akan berdurasi
selama 1 jam dengan jumlah pemain sebanyak 13 orang.

Festival Nan Jombang Tanggal 3 merupakan program tahunan Nan Jombang Grup. Tahun 2020 ini Festival Nan Jombang Tanggal 3 didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation.

Untuk dapat menyaksikan dan menikmati keseruan dari pertunjukan karya Bumi Tak Diam dari NADI Singapura datang dan saksikan di Ladang Tari Nan Jombang, Belakang Komplek Perumahan Polda Balai Baru Padang Selasa (3/3) pukul 20.00 WIB.(*/mbb)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top