Trending | News | Daerah | Covid-19

Pilkada

Debat Kandidat Pessel, Paslon Nomor Urut 03 Soroti Tentang Program Wisata Halal

Dibaca : 186

Padang, Prokabar — Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 03, Dedi Rahmanto Putra-Afrianop Rajab, menyentil program Paslon nomor urut 01, Hendrajoni-Hamdanus, soal wisata halal di ‘Negeri Berjuluk Sejuta’ ini.

Pasalnya, Hamdanus menyampaikan program wisata halal beririsan dengan dibangunnya masjid terapung di Pantai Carocok Painan.

Dikatakan, Dedi Rahmanto Putra, Kabupaten Pesisir Selatan selama ini wisatanya sudah halal tidak ada yang haram. “Wisata Pesisir Selatan sudah halal tidak ada yang haram, “ujarnya saat debat putaran kedua di Stadio Padang TV Jumat (27/11) di Padang.

Pesisir Selatan, ungkap Dedi Rahmanto Putra, adalah bagian dari Sumatera Barat, artinya masyatakat Pesisir Selatan sudah paham Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK), jelas Dedi Rahmanto Putra.

“Kami yakin masyatakat Pesisir Selatan sudah tau mana yang haram dan mana yang halal, “ungkapnya.

Ia menambahkan, jika Paslon nomor urut 01 menyodorkan progam wisata halal dengan seiring dibagunnya masjid tarapung, itu tidak lah tepat. Karena, pembangunan masjid terapung tidak ada korelasinyo dengan wisata halal.

Lanjut Dedi Rahmanto Putra berkata, bagamaimana caranya Paslon nomor 01 menerapkan atau menata wisata halal. Pada kenyataannya tiket masuk saja antara pengendara roda dua dan roda empat masih di bedakan tarif harganya, apakah itu juga dinamakan wisata halal?

“Selama ini, kami juga melihat tiket yang sudah dibeli pengunjung lalu dijual kembali, miris, apakah itu juga dikatakan halal? Menurut kami itu sudah haram, “ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Paslon nomor urut 01, Hamdamus menanggapi banyak saat ini masyarakat yang belum menyamakan persepsi wisata halal.

“Sumbar memang penduduknya mayoritas muslim, tapi kita harus paham dengan konsep wisata halal tersebut. Karena itu, saya mulai sadar ternyata masih banyak yang belum paham tentang wisata halal ini,” ujar Hamdanus (min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top