Budaya

Cerita Lareh Simawang Dipentaskan 3 Juli

Tanah Datar, Prokabar – Lareh simawang akan diangkat dalam cerita randai yang akan ditampilkan dalam Festival Nan Jombang, 3 Juli esok. Randai akan diamainkan oleh kelompok pecinta seni tradisi Nan Jombang Dance Company bersama Komunitas Galombang Minangkabau.

Festival ini diselengarakan untuk memanjakan mata, serta hati para pencinta ataupun penikmat seni khususnya seni tradisi. Selain randai, dalam festival nantinya juha akan menghadirkan pertunjukan tari piring yang akan dibawakan oleh Sanggar Seni Satampang Baniah. Sanggar satampang baniah sendiri berasal dari kanagarian Tanjung Barulak, kecamatan Tanjung emas, Kabupaten Tanah Datar.

“Kami akan membawakan cerita randai Lareh Simawang yang merupakan cerita asli dari kabupaten Tanah Datar tepatnya di Nagari Rambatan” ungkap Febi Eka Kurnia selaku sutradara

Sedikit sinopsis dari Lareh Simawang, dimana ia berniat untuk berpoligami namun tidak mendapatkan izin dari pihak keluarga dan istrinya. Namun dia tetap menjalankan niatnya hingga kabar ini sampai ke telinga istrinya. Kabar ini membuat istrinya gelap mata dan bunuh diri bersama kedua anaknya.

Seperti apakah alur lengkap dari cerita ini?, serta bagaimanakah lareh simawang setelah tahu istrinya dan anak-anaknya meninggal bunuh diri?. Silahkan datang lansung pada kemeriahan FNJT3 3 juli 2018 di Ladang Tari Nan Jombang atau di belakang perumahan polda, Balai Baru, Padang pada jam 20:00 WIB. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top