Pendidikan

Bupati Kerinci Apresiasi Perkembangan ISI Padang Panjang

Padang Panjang, Prokabar – Bupati Kabupaten Kerinci, Adi Rozal memuji Kemajuan ISI Padang Panjang selama beberapa tahun terakhir. Menurutnya, sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi bidang seni, ISI sudah cukup memberi kontribusi berarti bagi perkembangan kesenian di tengah masyarakat.

“Kita dapat melihat banyak hal dilakukan ISI Padang Panjang beberapa waktu terakhir. Dan itu berpengaruh besar bagi pertumbuhan kesenian. Tidak hanya Sumatera Barat, tetapi juga untuk daerah sekitarnya, termasuk bagi kami di kerinci ini,” katanya ketika ditemui usai pembukaan Festival Kopi beberapa waktu lalu.

Adi rozal pernah aktif mengajar di ISI Padang Panjang, mengapresiasi pembangunan yang kian tampak berlangsung di kampus jalan Bundo Kanduang, Guguak Malintang. “Pembangunan tampak sudah mencolok sekali. Banyak fasilitas baru, gedung-gedung yang lebih baik dan lain sebagainya. Tentunya hal ini sangat penting untuk menyokong proses pembelajaran,” katanya.

Adi berharap, di masa yang akan datang ISI akan terus berkembang. Disamping itu, kerjasama dengan pemerintah daerah juga semakin di tingkatkan. “Kami di Kabupaten Kerinci ini telah dan akan terus meningkatkan kerjasama dengan ISI Padang Panjang. Apalagi Kerinci sekarang memang giat mempromosikan pariwisata daerah. Pariwisata jelas tidak akan dapat dilepaskan dari pembangunan kesenian,” sebutnya.

Rektor ISI Padang Panjang Profesor Novesar Jamarun saat mendatangi Festival tersebut mengatakan paket tari dan musik yang didatangkan, lebih istimewa dari sebelumnya. “Kali ini ISI Padang Panjang mendatangkan paket tari dan musik yang sudah pernah ditampilkan di Paris. Ini bukti bahwa kita sangat mengapresiasi undangan dari pemerintah daerah Kabupaten Kerinci. Sehingga apa yang pernah kita siapkan untuk pentas di luar negeri, kita usung ke sini,” Ungkap Rektor.

Menurutnya, kegiatan seperti ini disamping untuk mengasah kemampun mahasiswa dan dosen, juga sebagai ajang promosi kampus seni tertua di Pulau Sumatra tersebut. “Disamping membawa tim seni pertunjukan, ISI Padang Panjang juga membuka stand mempromosikan diri kepada para pengunjung,” tuturnya.

Disamping dosen, juga ditugaskan 5 orang mahasiswa. Dua diantaranya putra Kerinci itu sendiri. Sejumlah produk kerajinan kriya tekstil, kayu ditampilkan di stand. Pemutaran film juga tersedia di sana. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top