Politik

Belum Juga Mendaftar, Jangan Sampai Ada Parpol yang Gagal di Pasaman

Pasaman, Prokabar – Tinggal lima hari lagi, siap-siaplah bagi partai politik yang ada di Pasaman jika tidak mendaftar dan memenuhi persyaratan wajib dalam mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) bisa dikhawatirkan gagal mengikuti pesta demokrasi 2019 mendatang. Ini sebabnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman Rodi Andermi menegaskan, Parpol dinyatakan gagal untuk unjuk gigi dalam pesta pemilihan legislatif 2019 mendatang jika tidak juga mendaftar dan memenuhi persyaratan wajib hingga 17 Juli mendatang. Ini sesuai aturan, tidak bisa dinegosiasi lagi.

“Sampai sekarang belum juga ada yang mendaftar. Tinggal lima hari lagi. Apa yang kami takutkan bisa saja terjadi, ada partai yang gagal sebelum bertarung di pesta Pileg 2019 nanti,” kata Rodi, Kamis (12/7).

Bahkan diakui Rodi, pihaknya telah mengimbau dan menghubungi Parpol untuk segera mendaftar ke KPU. Tak ayal motifasi juga dilayangkan pihak KPU.

“Apa tidak yang kami lakukan, menelfon hingga meminta Parpol untuk terus berkoordinasi dengan helpdesk pencalonan sebelum pendaftaran, supaya sewaktu pendaftaran seluruh dokumen sudah lengkap dan tidak membutuhkan waktu lama dalam proses pendaftaran,” kata Rodi.

Diterangkan Rodi, di Pasaman sendiri, terdapat 16 Partai yang bertarung untuk memperebutkan 35 kursi di DPRD Pasaman. Dari 16 partai tersebut, jika seluruh partai memenuhi kuota Bacaleg yang diusungnya, maka diperkirakan 560 Bacaleg yang akan mendaftar di KPU.

“Bisa kami hanya menghubungi Parpol untuk mendaftar tepat waktu. Kalau tidak tepat waktu, terimalah resikonya,” tutup Rodi. (ola)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top