Budaya

91 Perguruan Silat Tanah Datar Bertarung di Pagaruyung

Tanah Datar, Prokabar – Gelanggang Silih Berganti (GSB) merupakan salah satu ajang penampilan gerak seni silat dan ketangkasan bela diri di Minangkabau. Selain itu, event ini juga sebagai wadah dalam melestarikan tradisi silat kepada generasi penerus di Kabupaten Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

Ketua harian IPSI Tanah Datar Afrizal menyebukan, selain ajang silaturrahmi antar perguruan silat se-Kabupaten Tanah Datar, GSB juga sebagai sarana mencari bibit pesilat yang akan bertarung dalam kompetisi yang lebih besar seperti Porda, Porprov, PON maupun event Internasional.

“Jumlah peserta kali ini, termasuk ofisial dan tuo-tuo silek berjumlah 1.360 orang. Ini menandakan antusias masyarakat terhadap seni bela diri silat makin meningkat,” ucap Afrizal.

Afrizal meminta pemerintah daerah maupun DPRD dapat mendukung kegiatan seni bela diri silat. Tidak hanya sebatas GSB, namun juga pada kegiatan-kegiatan pencak silat lainnya, karena juga dapat mengangkat pariwisata daerah.

“GSB yang dilaksanakan hingga tiga hari kedepan ini akan menampilkan berbagai silat tradisi dan prestasi dari jenis aliran silat yang ada di Luhak Nan Tuo,” sebut Ketua harian IPSI Tanah Datar ini.

Afrizal menambahkan, pada pekan olah raga provinsi lalu, cabor pencak silat Tanah Datar adalah penyumbang medali emas terbanyak. Untuk Porprov tahun ini, IPSI Tanah Datar juga kembali menargetkan sebagai cabor peraih emas terbanyak.

Sementara itu, Ketua IPSI Provinsi Sumatera Barat Fauzi Bahar, mengatakan bahwa seni bela diri pencak silat adalah asli dari Indonesia, Sumatera Barat (Minangkabau).

“Lebih dari 700 aliran silat ada di Minangkabau, apalagi di Tanah Datar, aliran silek tuo yang sudah berumur ratusan tahun ada,” tutur Mantan Walikota Padang ini.

Dia menambahkan bahwa pada Asian Games yang baru saja selesai, IPSI berhasil meraih emas sebanyak 14 cabang. Hal yang luar biasa dan membanggakan bagi rakyat Indonesia.

“Diadakannya GSB di Tanah Datar tepatnya di Pagaruyung, disinilah pusat silek sesungguhnya,” sebut mantan Wali Kota Padang itu.(eym)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top