Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

12 Destinasi Wisata di Tanah Datar Dipersiapkan Untuk Dibuka Kembali

Dibaca : 1.3K

Tanah Datar, Prokabar – Dinas Pariwisata dan olah raga Tanah Datar mengaku jika tengah menyiapkan konsep protokol kesehatan sebelum menerima kunjungan wisatawan.

Abdul Hakim, Kepala Dinas Pariwisata dan Olah Raga Tanah Datar menyebutkan jika pihaknya saat ini sedang menyiapkan konsep protokol kesehatan untuk beberapa objek wisata.

Konsep tersebut juga tengah dibahas bersama forkopimda dan gugus tugas penanganan Covid 19 Tanah Datar. Perencanaan Dinas Pariwisata sendiri, sebanyak 12 objek wisata andalan Tanah Datar, akan kembali beroperasi usai Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) tahap III dilakukan atau setelah 7 Juni mendatang.

“Konsep dinas Pariwisata, objek wisata yang akan dibuka disiapkan dulu protokol protokolnya, jaga jarak, tempat cuci tangan, dan menggunakan masker serta beberapa lainnya. Kalau belum siap, tentu belum boleh dibuka,” Kata Abdul Hakim.

Ia menambahkan, jika konsep yang diajukan tersebut disetujui, maka selanjutnya akan dilakukan sosialisasi kepada pengelola destinasi wisata Tanah Datar. Sosialisasi tersebut, juga akan dilakukan terhadap penyelenggara olah raga tradisional Tanah Datar, Pacu Jawi.

“Jika disetujui ,kita lakukan sosialisasi kepada pengelola, kita undang atau kita datangi untuk menyampaikan tahapan tahapannya. Kalau pengelola bisa menyiapkan konsep sampai tanggal 8 Juni, maka Silahkan dibuka (destinasi wisata),” ujar Hakim.

Saat dikonfirmasi terkait hilangnya PAD pada sektor pariwisata selama wabah Covid 19 melanda, Hakim menyebutkan jika lebih Tanah Datar kehilangan pendapatannya dan perputaran uang ditengah tengah masyarakat mencapai lebih kurang Rp50 miliar.

“Sekitar Rp50 Miliar lah, selama 3 bulan itu, Maret, April dan Mei dari 12 destinasi wisata di Tanah Datar. Kehilangan terbesar itu pada libur hari raya, yang mana jika berkaca pada libur lebaran sebelumnya, Perputaran uang di Istana Pagaruyung saja mencapai 3 dan 4 Miliar,” ujar Abdul Hakim. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top