Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Yayasan Peduli Jurnalis Salurkan Ribuan Paket Sembako Kemensos Bagi Jurnalis Terdampak Covid-19

Dibaca : 145

Jakarta, Prokabar — Kementerian Sosial RI memberikan dan mempercayakan sejumlah paket sembako kepada Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI). Untuk saat ini, bantuan sembako dari pemerintah ini akan diberikan kepada Jurnalis atau wartawan yang terdampak Corona Covid-19.

Sekitar 5300 paket sembako diberikan Kementerian Sosial RI kepada YPJI. Pihak Kementerian Sosial menyebut nilai paket sembako yang diberikan tersebut sekitar Rp 1,59 Miliar.

“Pengajuan untuk Komunitas Jurnalis memang kita terima. Jumlahnya sekitar 5300 paket,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen DPSKBS, Kementrian Sosial, Adi Wahyono saat jumpa pers di sekretariat YPJI, kawasan Kebayoran Lama, belum lama ini.

“Semua komunitas kita perhatikan. Saya pikir Jurnalis kan yang membantu kita semua, yang memberikan informasi edukatif. Saya pikir layak juga menerima bantuan. Nggak ada masalah,” tambahnya.

Pihak Kemensos RI juga didampingi oleh Ketua Pembina Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI) yang juga Direktur Utama PT CMA, Agus A Mile. Dalam kesempatan itu, YPJI mengucapkan terima kasih atas bantuan pemerintah.

“Bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kepedulian Jurnalis kepada Jurnalis lainnya. Selain karena banyak Jurnalis yang terkena efek Pandemi Covid-19,” ujar Agus A Mile.

YPJI pun berharap nantinya akan ada kerjasama lanjutan di kemudian hari. “Harapannya kerjasama seperti ini akan berlanjut kembali dengan Kemensos,” ujar Agus A Mile.

Profesi jurnalis menjadi salah satu yang ikut terdampak Corona Covid-19. Bahkan ada sebagian jurnalis yang harus mengalami nasib kurang beruntung, dengan tidak lagi dipekerjakan oleh tempatnya bekerja.

“Itu hanya sebagian kasus. Bagaimana dengan jurnalis yang gajinya dipotong, bahkan tidak digaji oleh perusahaannya yang juga terkena imbas pandemi,” ujar Ketua Umum Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI) Andi Arief.

Selain itu, sebagian di antaranya disalurkan ke masyarakat umum. Selain Jakarta, paket bantuan itu disalurkan ke kawasan Tangerang, Depok, dan Bekasi.

“Kita lebih mengutamakan untuk profesi jurnalis. Selebihnya, kita juga memberikan untuk masyarakat yang sudah lebih dulu kita daftarkan,” katanya.

Untuk paket sembakonya, berisi beras 10 kg, minyak goreng, biskuit, ikan makarel kaleng, dan susu bubuk.

Untuk ke depannya, YPJI berharap akan ada lebih banyak bantuan yang disalurkan. Andi berharap, profesi jurnalis bisa mendapatkan perhatian lebih baik dari pemerintah.

“Jurnalis itu adalah profesi yang membantu menyebarkan kabar baik, edukatif dan juga informasi ke masyarakat. Sudah selayaknya mendapat perhatian,” pungkas Andi. (beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top