Olah Raga

Viral, SEA Games 2019 Paling Kacau dan Terburuk, Presiden Filipina Rodrigo Duterte Ngamuk

Manila, Prokabar – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte sedang berada di Busan, Korea Selatan guna menghadiri pertemuan bilateral. Namun, di sana dia tak berhenti memantau pemberitaan mengenai SEA Games 2019.

Ketidaksiapan Filipina sebagai tuan rumah, menjadi ramai jadi gunjingan warganet. Bahkan disebut SEA Games 2019, sebagai yang terburuk sepanjang sejarah.

Ketidaksiapan Filipina sebagai tuan rumah sudah terlihat sejak beberapa hari lalu. Misalnya kontingen tim Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste yang tidak dijemput bus dan hotel ketika tiba di sana.

Kemudian Timnas Thailand mendapatkan ruang ganti yang kondisinya seperti gudang. Terlihat banyak barang yang sudah tidak terpakai ada di dalamnya.

Belum lagi muncul foto-foto kondisi media center Rizal Memorial Stadium. Cuma ada deretan bangku plastik, yang jauh dari standar minimal penyelenggaraan pertandingan.

Paling parah, Timnas Brunei harus membawa koper dan peralatan mereka ke lapangan, karena tidak mendapatkan penginapan yang layak. Hal ini tak mendapatkan solusi dari tuan rumah, sehingga mereka membawa koper-koper mereka ke lapangan pertandingan.

Atas kondisi itu, juru bicara kepresidenan Filipina, Salvador Panelo mengatakan, Duterte menagmuk dan amat marah dengan segala pemberitaan tersebut. Harusnya segala kesalahan dan keteledoran itu itu masih bisa dihindari.

“Kesalahan ini seharusnya bisa dihindari, dan mudah untuk diatasi. Itulah mengapa Presiden marah,” kata Panelo, dikutip dari Inquirer, Selasa 26 November 2019.

Masalah SEA Games 2019 masih ada sederet lagi. Yang belakangan ramai menjadi kritik adalah sulitnya mencari makanan halal. Tim dari Singapura bahkan harus mencarinya dari luar hotel.(*/mht)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top