Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

Usai Subuh, Gempa Kejutkan Warga Sumbar Berkekuatan M5,2

Dibaca : 234

Padang, Prokabar — Gempa bumi kembali melanda Sumatera Barat, Rabu (23/10). Berdasarkan data dari BMKG gempa terjadi pukul 05.11.07 WIB wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,4 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,2.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.49 LS dan 99.71 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 48 km arah Selatan Kota Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada kedalaman 27 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas  subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia tepat di zona megathrust. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Dari informasi dihimpun gempabumi ini dirasakan di daerah Tua Pejat,Painan, Padang, Pariaman, Padang Panjang, Sawah Lunto, Payakumbuh, Bukittinggi, Solok

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.” ungkapnya melalui keterangan tertulis. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top