Lifestyle

‘Untukmu Indonesiaku’ Bukti Cinta Indonesia Dance Company Perkuat Persatuan Bangsa

Foto Beb - Tarian cerita Ullun Enggang Ku berasal dari Kalimantan
Foto Beb - Salah satu tarian cerita rakyat Jawa Barat, Jaka Tarub

Jakarta, Prokabar – Kecintaan terhadap Tanah Air jadi nomor satu bagi Indonesia Dance Company (IDCO). Tahun ini bukti cinta mereka diwujudkan dalam pagelaran ‘Untukmu Indonesiaku’. Pertunjukan tari kompilasi balet, tradisional dan modern ini akan digelar di Gedung Kesenian Jakarta mulai Jum’at (27/9) hingga Minggu (29/9).

Sebelum pertunjukan berlangsung, IDCO sengaja mengajak awak media menyaksikan preview pagelaran. Ada sepuluh tarian yang disuguhkan yaitu, Unity For One, Malin Kundang, Grand Pas De Deux From ‘The Nutcracker’, Don Quixote Suite, Ulun Enggang Ku, Memory, Untukmu Indonesiaku, Diyanti, Prison dan Selendang Asmara.

Perpaduan balet, tari tradisional dan modern ini dikemas dengan tata cahaya dan musik yang spektakuler. Sehingga anggapan balet itu membosankan berubah jadi menyenangkan.

“Inilah tujuan kami mengenalkan tari balet kepada masyarakat. Mematahkan anggapan balet itu monoton, membosankan jadi pertunjukan yang menyenangkan,” ucap Claresta Alim, Direktur Artistik IDCO saat dijumpai Prokabar.com di GKJ, Kamis (26/9).

Foto Beb - Penari IDCO 'Untukmu Indonesiaku'

Foto Beb – Penari IDCO ‘Untukmu Indonesiaku’

Tidak hanya menampilkan balet klasik saja, Claresta bersama timnya membuat koreografi tarian modern. Seperti di tahun keempatnya ini, IDCO mengangkat seni budaya dari Kalimantan, Sumatera Barat dan Jawa Barat.

“Sebenarnya banyak sekali daerah yang ingin kami kompilasikan dengan balet. Untuk ‘Untukmu Indonesiaku’, kami memilih daerah Kalimantan, Sumatera Barat dan Jawa Barat,” tambah Claresta.

Alasan ketiga budaya yang diangkat di pagelaran ini, IDCO ingi menyampaikan pesan moral bagi generasi muda. Seperti tarian Malin Kundang, mengingatkan kita untuk berbakti pada orangtua.

“Dibalik pemilihan cerita disesuaikan dengan pesan moral, seperi ‘Malin Kundang’. Lalu ada ‘Ullun Enggang Ku’ yang berasal dari Kalimantan. Menurut kepercayaan burung Enggang itu adalah kendaraan mencapai nirwana. Sedangkan ‘Jaka Tarub’ cerita rakyat dari Jawa Barat mengisahkan seorang pria yang mengambil satu selendang dari tujuh gadis cantik,” terang Jonatha Prandajaja, balet mistress IDCO menambahkan.

Foto Beb - Tarian cerita Ullun Enggang Ku berasal dari Kalimantan

Foto Beb – Tarian cerita Ullun Enggang Ku berasal dari Kalimantan

Tujuan IDCO eksis dalam pagelaran setiap tahunnya menjadi bukti kecintaan terhadap Tanah Air. Di tengah kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini, mereka justru menunjukkan prestasi dan persatuan lewat seni tari. (beb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top