Pendidikan

UNP Gelar Kontes Mobil Hemat Energi

Padang, Prokabar — Sebanyak 74 tim finalis yang berasal dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia ikut ambil bagian dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 yang berlangsung di Kampus Universitas Negeri Padang (UNP) mulai 27 November hingga 2 Desember mendatang.

Wakil Ketua Pelaksana, Rifdamon mengatakan, kontes mobil ini merupakan iven tahunan terbesar inovasi mahasiswa. 

“Ini sekaligus menjadi ajang untuk memperlombakan mobil-mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi,” jelasnya, Jumat (23/11).

Lebih lanjut ia menambahkan Iven ini juga berorientasi pada efiensi energi dari mobil rancangan mahasiswa hasil pengaplikasian ilmu yang diterima selama kuliah.

“Tahun ini, kontes yang dimaksudkan mencari inovasi baru dalam penerapan teknologi hemat energi itu memperlombakan dua kategori berdasarkan jenis kendaraan, yaitu urban dan prototype.” terangnya.

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 sebelumnya dikenal dengan nama Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) yang merupakan agenda rutin tahunan Kemenristek Dikti.

“Kontes ini sudah berlangsung sejak tahun 2012 lalu. Baru ada tiga kampus yang menjadi tuan tumah, yakni ITS Surabaya (2012, 2013, 2014 dan 2017), UB Malang (2015) UGM Yogyakarta (2016).” Sambungnya.

Mobil dalam ajang KMHE ini juga dibagi menjadi empat kelas berdasarkan motor penggerak yang digunakan.  Yaitu Motor Pembakaran Dalam (MPD) gasoline, MPD etanol, MPD diesel, dan MPD listrik.

Tuan rumah UNP sendiri akan mengikutkan dua mobil yakni Ajo 1st G untuk kategori Urban Gasoline dan Arrow Concept untuk kategori Prototype Diesel. (Rel/hdp)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top