Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

Unjuk Rasa Berjalan Tertib, Kapolres Apresiasi Komitmen Mahasiswa

Dibaca : 440

Tanah Datar, Prokabar – Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmat Hari Purnamo mengapresiasi unjuk rasa yang dilakukan oleh aliansi mahasiswa Tanah Datar. Apresiasi itu ia berikan karena penyampaian aspirasi oleh mahasiswa sesuai dengan komitment bersama dan juga sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Saya kira ini sebagai komitment kita bersama, sejak awal pelaksanaan kegiatan adek adek menyampaikan aspirasi dengan baik dan kita kawal sampai dengan selesai, dan kembali ke tempat masing masing dengan selamat,” kata Kapolres.

Unjuk rasa yang dilakukan Aliansi Mahasiswa Tanah Datar menolak UU Cipta Kerja berlansung di DPRD Tanah Datar, kamis (8/10). Berbeda dengan daerah lain, unjuk rasa berjalan tertib dari awal hingga akhir penyampaian aspirasi.

Kepada Wakil Rakyat di Parlemen Tanah Datar, mahasiswa yang diwakili ketua BEM IAIN Batusangkar menyerahkan petisi terkait penolakan mereka terhadap OmnibusLaw atau UU Cipta Kerja. Dimana petisi tersebut berisikan beberapa point penolakan terhadap UU yang baru saja ketok palu oleh anggota DPR RI.

“Alhamdulillah juga sampai saat ini kita masih aman aman saja kawan kawan. Kepercayaan yang kita bangun bersama tadi alhamdulillah terealisasi sampai saat ini. Kami akan menyerahkan petisi, dan kami meminta pernyataan sikap melalui video bahwasannya rakyat Tanah Datar, DPRD Tanah Datar menolak keras dan mosi tidak percaya terhadap omnibuslaw tersebut,” sampai Ketua BEM IAIN Batusangkar melalui alat pengeras suara.

Sementara itu, Rony Mulyadi saat menemui mahasiswa di halaman kantor DPRD Tanah Datar mengatakan jika pada prinsipnya pihaknya akan menampung aspirasi mahasiswa dan akan ditindak lanjuti ke DPR RI.

“Secara prinsipnya, kami menerima petisi dari kawan kawan dan akan kami tanda tangani dan akan kami tindak lanjuti ke DPR RI,” ucapnya dihadapan seratusan mahasiswa yang berunjuk rasa.

Usai menyerahkan petisi kepada ketua DPRD Tanah Datar yang didampingi unsur pimpinan DPRD dan anggota serta Kapolres Tanah Datar, mahasiswa lansung membubarkan diri secara tertib.

Sebelumnya, sejak pukul 10.00 WIB seratusan mahasiswa dari berbagai Universitas di Sumatera Barat yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Tanah Datar melakukan aksi unjuk rasa di DPRD Tanah Datar. Aksi mahasiswa ini sempat terhenti saat waktu salat zuhur tiba, dan dilanjutkan kembali sekitar pukul 13.30 WIB hingga berakhir sekitar pukul 15.00 WIB.

Dalam Orasinya, mereka menyuarakan penolakan omnibuslaw atau UU Cipta Kerja yang baru saja disahkan oleh DPR RI karena dianggap tidak memihak kepada buruh, terutama kaum perempuan. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top