Pendidikan

Unand 63 Tahun, Usung Pengembangan SDM Berbasis Inovasi

Padang, Prokabar — Universitas Andalas memperingati hari lahirnya (Dies Natalis) ke 63 mengusung tema “Pengembangan Sumberdaya Manusia Berbasis Inovasi Untuk Kedjajaan Bangsa”.

“Dengan semangat peringatan Dies ini, kita semakin menggelorakan tekat berinovasi disegala bidang,” unggkap Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, saat penyampaian laporan dan pidatonya didepan civitas dan tamu undangan pada Jumat (13/9) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Ia menyadari bahwa inovasi merupakan kata kunci dalam era perkembangan teknologi informasi sekarang ini.

Ditambahkannya kesuksesan yang diraih saat ini oleh Universitas Andalas tidak lepas dari pendekatan transformative  yang bersifat kolegial, partisipatif dan transparan sehingga mampu mendorong partisipasi segenap civitas akademika dalam memajukan universitas tercinta ini dan meningkatkan layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Saat ini, perkembangan dunia industri yang dikenal dengan distruptive technology 4.0 telah mempengaruhi semua sendi-sendi kehidupan termasuk dunia pendidikan khususnya dalam Proses Belajar Mengajar (PBM).

Lebih lanjut, ia menyampaikan Unversitas Andalas harus melakukan penyesuaian dan perubahan sehingga menghasilkan lulusan yang memeliki daya saing tinggi dan siap berkompetisi di era revolusi 4.0.

“Untuk itu diperlukan kurikulum yang adaptif dan dosen yang memiliki kompetensi berbasis teknologi, inovatif, kreatif dan komunikatif,” ujarnya.

Ditambahkannya sehingga dosen menjadi factor penting dan memiliki peranan yang strategis bagi suatu perguruan tinggi dalam menyiapkan Sumberdaya Manusia.

Oleh karena itu, dijelaskannya pola pembelajaran harus menyesuaiakan dengan perkembangan teknologi seperti pemamfaatan e-learning sebagai platform PBM di perguruan tinggi.

Disamping itu, ia juga mengungkapkan Universitas Andalas menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) dengan terus meningkatkan sarana dan prasarana untuk mendorong sumber revenue generating.

Berdasarkan hasil dari pemeringkatan yang dilakukan oleh Kemenristekdikti tahun 2019, Universitas Andalas menempati posisi kluster pertama pada urutan ke 11 dan pada kluster pertama tersebut Universitas Andalas menjadi satu-satunya PTN yang berstatus PTN BLU murni sedangkan sepuluh perguruan tinggi lainnya sudah berstatus PTN BH dan dua sedang bertransformasi menjadi PTN BH.

Untuk itu, kedepan dikatakannya Universitas Andalas juga akan melangkah menjadi PTN BH. “Mudah-mudahan dalam satu bulan kedepan Universitas Andalas bisa mengajukan proposal untuk menjadi PTN BH,” ujarnya.

Kemudian dalam perayaan Dies Natalis Universitas Andalas yang ke 63 ini, Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Dr. Anwar Usman, SH, MH juga menyampaikan Orasi Ilmiah mengenai Peran MK dalam mewujudkan Negara Kesejahteraan.

Selain itu, Universitas Andalas juga memberikan penghargaan kepada pencapaian kinerja fakultas, Dosen berprestasi bidang Saintek dan Soshum, Tenaga Kependidikan Berprestasi serta mahasiswa berprestasi. (rel/hdp)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top