Trending | News | Daerah | Covid-19

Artikel

Ternyata Hujan Memiliki Manfaat Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Dibaca : 935

Oleh : Syavira Marthadilla, Mahasiswi Sastra Minangkabau, Universitas Andalas

 

Padang, Prokabar — Siapa sih yang tidak suka bermain hujan. Ketika air hujan turun ke bumi, semua manusia apalagi anak-anak pastinya sangat menginginkan main hujan. Karena banyak orang yang beranggapan kalau bermain air hujan bisa membuat tubuh kita demam. Padahal air hujan juga mempunyai manfaat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara.

Virga adalah presipitasi yang jatuh ke Bumi namun menguap sebelum mencapai daratan inilah satu cara penjenuhan udara. Presipitasi terbentuk melalui tabrakan antara butir air atau kristal es dengan awan. Butir hujan memiliki ukuran yang beragam mulai dari pepat, mirip panekuk (butir besar), hingga bola kecil (butir kecil).Kelembapan yang bergerak di sepanjang zona perbedaan suhu dan kelembapan tiga dimensi yang disebut front cuaca adalah metode utama dalam pembuatan hujan.

Manfaat hujan yang digunakan sebagai air minum, membantu menghidrasi tubuh. Air hujan dimasak dengan mempertimbangkan kualitas air itu, baik secara fisik, kimia, dan mikrobiologis. Manfaat air hujan bagi kesehatan tubuh selanjutnya, ialah baik untuk kulit. Hujan yang turun memberikan perubahan pada kelembaban udara yang menjadi lebih tinggi. Hal tersebut membuat virus tertentu yang ada di udara tidak mengancam.

Salah satu penyakit yang sering hinggap ialah flu. Biasanya flu terjadi ketika tubuh terkena air hujan. Hawa dingin tak mampu ditahan oleh tubuh yang akhirnya flu menyerang. Tapi di sisi lain ternyata air hujan memiliki manfaat bagi kesehatan. Berdasarkan penelitianKarin Leder, Departemen Epidemologi, Monash University, bahwa meminum air hujan secara langsung tidak menunjukkan peningkatan risiko penyakit, dibandingkan dengan yang meminum air hujan yang disaring.

Lembabnya udara yang mengikuti cuaca hujan, baik untuk kulit. Kemudian mandi menggunakan air hujan, juga cocok Anda coba. Kandungan pH alkali dari air hujan yang termasuk ringan, akan membantu menjaga kelembaban dan elastisitas kulit Anda. Karena sifatnya yang ringan itu pula, air hujan mampu menghilangkan bakteri jahat penyebab sakit kulit. Ketenangan yang ditimbulkan dari aroma tersebut akan meminimalisir stres Anda yang Lelah beraktivitas dengan rutinitas pekerjaan.

Aroma yang berasal dari beberapa bahan kimia yang lepas dari bakteri tanah, dan tanaman yang ikut menyumbang zat tertentu. Selain untuk kesehatan kulit, ternyata manfaat air hujan bagi kesehatan dari kandungan alkali tadi baik untuk mendetoksifikasi dan menyeimbangkan pH darah. Sehingga mengurangi kadar asam dalam tubuh. Serta membuat sistem tubuh bisa bekerja lebih baik. Manfaat air hujan bagi kesehatan tubuh berikutnya, ialah baik untuk kesehatan paru-paru.

Setelah selesai hujan udara menjadi lebih bersih, sehingga sangat baik mengisi paru-paru Anda penuh dengan udara yang lebih segar. Hujan akan membantu menghilangkan racun dan polusi udara bersama debu dan kotoran lainnya.Syarat kualitas baik supaya bisa mendapat manfaat air hujan bagi kesehatan, yakni memiliki lokasi yang dijamin bersih.

Menampung air hujan bukan yang pertama kali turun pada saat itu juga. Tunggulah sekitar 15 menit, hingga polutan udara berbahaya yang ikut turun bersama air hujan yang masih awal. Banyak orang mempercayai bahwa suara hujan turun menjadi salah satu hal yang dapat memberikan rasa tenang dan damai bagi jiwa dan pikiran. Saat hujan, udara di sekitarnya pun berubah menjadi lebih bersih, sehingga terasa lebih segar ketika dihirup. Curah hujan membuat racun-racun di udara bergeser dan menghilang bersamaan dengan debu dan polutan lainnya.

Ternyata mandi air hujan pun juga bisa menjadi salah satu terapi pengobatan kejiwaan yang sangat baik untuk menenangkan pikiran. Saat kepala dan tubuh terkena tetesan air hujan, maka sel-sel saraf di bawah jaringan kulit akan menjadi aktif. Hal ini disebabkan karena air hujan banyak mengandung H2O2 (Hidrogen Peroksida), yang bisa dijadikan holistic healing atau terapi penyembuhan.

Mandi hujan, juga akan membuat tubuh banyak memperoleh unsur nitrogen yang mendorong sintesis protein dan penciptaan senyawa serta asam amino yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tubuh, hormon, fungsi otak dan juga kekebalan tubuh. Jadi jika Anda saat ini tengah mengalami beban yang sangat berat, cobalah Anda mandi hujan saat hujan turun, dan rasakan sensasi percikan air hujan yang jatuh di kulit sambil berdoa untuk memohon ketenangan hati serta kesegaran jiwa dan raga.

Walaupun mandi hujan memiliki banyak manfaat, namun ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian. Mandi hujan sebaiknya hanya dilakukan selama 10 hingga 15 menit saja, dan tidak lebih dari itu. Selain itu, mandi hujan jangan dilakukan di bawah talang rumah. Agar Anda dapat lebih puas bermain mandi hujan, ada baiknya Anda melindungi diri Anda dengan mengonsumsi vitamin dan mineral yang cukup, agar daya tahan tubuh dapat terjaga.

Maka untuk orang tua janganlah terlalu khawatir mengenai kesehatan anak-anak yang suka mandi hujan. Air hujan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi jangan lah sering-sering untuk main air hujan diluar. Setelah senang main hujan, jangan lupa untuk minum vitamin agar badan tetap sehat, dan jauh dari segala penyakit. (***)

 


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top