Teknologi

Ternyata Begini Cara Mudah Agar Akun WhatsApp Tidak Bisa Dibajak

Padang, Prokabar— Belakangan beredar berita dan informasi bahwa akun WhatsApp (WA) seseorang sering dibajak. Lalu kemudian dimanfaatkan untuk minta uang, atau digunakan untuk menyebar hoaks.

Baru-baru ini, yang santer terdengar menjadi korban adalah kader Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean.

Belum kasus tersebut reda, kembali satu lagi kader Partai Demokrat yang diduga kena hack. Kali ini, korban tersebut adalah Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat, Imelda Sari.

Sebenarnya aplikasi bertukar pesan/messaging dengan basis pengguna miliaran, telah lama menerapkan Two Factor Authentication (TFA) atau verifikasi dua faktor dalam mengamankan akun, guna mengidentifikasi dan melindungi penggunanya supaya tak terjadi pencurian atau pembajakan akun.

Dengan metode ini, orang yang akan meretas akun WA harus memiliki kode verifikasi atau kata kunci saat ada yang mengakses di piranti baru.

Untuk mengaktifkan fitur pengamanan ini, pengguna dapat mengaksesnya ke halaman Settings, kemudian menuju ke Accountlalu memilih Two-step verification.

Kemudian aktifkan fitur tersebut dengan mengeklik enable. WhatsApp secara otomatis akan mengirimkan pesan singkat untuk mengakses menu two-step verificationini.

Setelah mengaktifkannya, pengguna diminta memasukkan kata kunci (password)berupa enam digit angka yang bisa dipilih. Setelah memasukkan password, klik nextdan ulangi kata kunci tersebut.

Pada langkah selanjutnya akan muncul alamat email yang dapat digunakan untuk menyetel ulang kata kunci jika pengguna lupa. Email ini juga sekaligus untuk mengamankan akun WhatsApp pengguna dari peretas.

Pada langkah selanjutnya masukkan kembali alamat email Anda. Klik Savedan Anda sudah menggunakan fitur two-way verificationdari WhatsApp.

Sementara itu jika ingin menonaktifkan fitur two-way verification tersebut, Anda dapat melakukannya dengan mengakses Settings, Account, Two-step verificationlalu klik Disable. (hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top