Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Tak Ada Bak Sampah, Masyarakat Buang Sampah ke Tepi Sungai Batang Selo

Dibaca : 203

Tanah Datar, Prokabar – Ketiadaan bak sampah di Nagari Padang Gantiang membuat masyarakat setempat membuang sampah secara sembarangan. Sampah dibuang ke tepi sungai, tepi jalan dan sebagainya.

Keluhan ini disampaikan Wali Nagari Padang Ganting Marzal Umar kepada Pjs. Bupati Erman Rahman, Kamis (8/10).

Marzal Umar juga mengatakan persoalan sampah terutama sampah pasar merupakan persoalan klasik sejak dahulunya karena Padang Ganting tidak memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Jadi sampah ini dibuang ke sini, bahkan tidak jarang batang air dan bandar menjadi sasaran pembuangan sampah. Persoalan ini sudah sejak lama, bahkan sejak pasar ini ada sampah ini sudah dibuang kesini,” ujar Marzal Umar saat mendampingi Pjs Bupati ke lokasi pembuangan sampah yang berada di tepi Batang Selo yang tidak jauh dari Balai Raba’a Padang Gantiang.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Perkim LH Dessy Trikorina mengatakan TPA memang tidak ada di nagari-nagari, melainkan hanya satu di Kabupaten Tanah Datar yaitu di Bukit Sangkiang, di sinilah sampah ditumpuk, dipilah dan diolah kembali.

Sementara untuk mengatasi persoalan sampah di Nagari Padang Ganting, Kecamatan Padang Ganting, terutama persoalan sampah pasar yang menggunung yang selama ini dibuang di tepi sungai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar melalui Dinas Perkim LH berjanji akan mencarikan solusinya.

Dikatakannya, untuk mengatasi sampah di pasar Padang Ganting, secepatnya akan menyediakan satu kontainer dekat Pasar Rabaa Nagari Padang Ganting dan nanti sampah ini akan dijemput mobil sampah untuk dibuang ke TPA.

“Kontainer akan segera ditempatkan dekat kawasan pasar dengan syarat warga bersedia memberikan lokasi tempat kontainer diletakkan,” ucap Dessy.

Terkait sampah pasar di Padang Ganting, Pjs Bupati minta Dinas Perkim LH untuk segera menyelesaikannya.

“Usahakan sebelum pilkada nanti urusan sampah ini sudah teratasi. Selain itu kepada nagari-nagari kita juga imbau untuk melakukan penanganan sampah di nagari masing-masing dengan memanfaatkan dana desa,” tutupnya. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top