Pendidikan

Tahun 2019, IAIN Batusangkar Bertekat Menjadi UIN

Tanah Datar, Prokabar – Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Islam dalam waktu dekat ini akan melakukan transformasi perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri (PTKIN) atau alih status untuk beberapa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) Kemenag, peralihan status IAIN menjadi UIN akan ditingkatkan menjadi 30 UIN dalam tahun 2020 mendatang.

Rektor IAIN Batusangkar Kasmuri bertekad, Perguruan Tinggi Islam yang berada di Kabupaten Tanah Datar yaitu IAIN Batusangkar dapat berubah status menjadi Universitas Islam Negeri Batusangkar pada tahun 2019 ini.

“Tekat IAIN Batusangkar yaitu menjadi UIN Batusangkar, tentunya didukung dengan ketersediaan lahan kampus yang cukup luas, ketersediaan sumber daya manusia, Sarana prasara pendidikan yang mempunyai serta telah memiliki 7 (tujuh) jurusan/program studi sudah yang mendapatkan Akreditasi “A” dari BAN-PT,” ucap Kasmuri

Untuk mewujudkan hal tersebut, segenap civitas akademis IAIN Batusangkar telah melakukan komunikasi dan lobi serta telah menandatangani surat Rekomendasi dari kepada kepala daerah, mulai dari Bupati Kab. Tanah Datar, Gubernur Sumatera Barat, Ketua DPRD Prov. Sumbar, dan bahkan Rektor Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Sumatera Barat, seperti Rektor Universitas Andalas, Rektor Universitas Negeri Padang dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, selaku Kepala daerah dirinya akan memberikan dukungan dan menginginkan IAIN Batusangkar bisa secepatnya menjadi UIN Batusangkar.

“Pembinaan dan pengembangan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN) di Sumbar juga menjadi salah satu kebijakan yang harus dibuat Pemprov” Tegas Irwan Prayitno.

Senada dengan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Sumatera Barat ‎Hendra Irwan Rahim‎, yang juga putra asli daerah Kab. Tanah Datar juga siap membantu melakukan komunikasi dengan pengambil kebijakan ditingkat pusat.

Kasmuri menegaskan dengan adanya dukungan berupa rekomendasi dari pemerintah daerah dan Perguruan Tinggi Negeri, maka IAIN Batusangkar merasa yakin untuk bisa bertranformasi menjadi UIN Batusangkar sebagaimana yang diharapkan oleh Keluarga Besar IAIN Batusangkar. Sudah selayaknya Tanah Datar memiliki Universitas, sebab cikal bakal beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Sumbar lahir di Tanah Datar.(eym)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top