Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Sudah 70.526 Jamaah Haji Sampai di Indonesia, 360 Wafat di Tanah Suci

Dibaca : 132

Mekkah, Prokabar — Jemaah haji Indonesia yang sudah tiba di Tanah Air mencapai 70.562 orang, berasal dari 173 kelompok terbang (kloter).

Adapun jemaah yang diterbangkan ke Indonesia sudah sebanyak 76.129 orang dari 187 kloter. Dari berbagai embarkasi di Indonesia.

Demikian mengutip Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu Kementerian Agama (Kemenag), Rabu (28/08).

Jemaah yang kembali ke Indonesia masuk dalam gelombang pertama kepulangan. Mereka telah lebih dulu berada di Madinah untuk melaksanakan ibadah Arbain.

Jemaah dipulangkan dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah. Tak hanya reguler, jemaah haji yang pulang juga dari haji khusus.

Sementara jemaah haji yang wafat saat ini sudah sebanyak 360 orang.

Jemaah haji diminta mengurangi kegiatan tiga hari jelang kepulangan ke Tanah Air. Langkah ini demi mencegah kelelahan yang bisa mempengaruhi kesehatan saat akan kembali ke Indonesia.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Kesehatan Bandara Jeddah-Madinah Karmidjono Pontjo. “Mohon untuk jemaah yang akan pulang sebaiknya minimal tiga hari sebelum jadwal kepulangan sudah tidak melakukan aktivitas yang berlebihan,” jelas dia.

Dia berharap jemaah haji segera menyelesaikan rangkaian ibadah haji seperti umrah dan thawaf wada, bila mengetahui akan segera pulang ke Indonesia.

Usai itu, bila akan melakukan ibadah lainnya dan merasa fisik sudah dalam keadaan lelah sebaiknya tidak memaksakan diri. Tak harus ke Masjidil Haram, ibadah bisa dilakukan di masjid terdekat dari penginapan.

Dia menyebut, tubuh yang lelah setidaknya membutuhkan waktu 3 hari untuk kembali pulih. “Me-recovery tubuh setelah pasca Mina itu minimal tiga hari,” dia mencontohkan.

Sebab bila tubuh lelah bisa memicu berbagai penyakit kronis bawaan yang diidap jemaah haji. Seperti diabetes melitus, jantung, darah tinggi dan lainnya.

Kondisi ini yang kerap ditemukan pada jemaah saat tiba di bandara jelang kepulangan. Bila ini terjadi maka jemaah harus masuk perawatan hingga kondisinya memungkinkan untuk dibawa ke Tanah Air. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top