Bola

Sosok: Yulian Syahreva, Pelatih Generasi Baru Sumbar Naik ‘Grade’ ke Klub Profesional


Adalah Yulian Syahreva, di awal April 2021 untuk pertama kali menerima kontrak profesional

Dibaca : 404

Oleh: ADRIL MY

Padang, Prokabar – Persepakbolaan Sumatra Barat tak pernah berhenti orbitkan juru taktik ke panggung nasional. Layaknya para senior, Suhatman Imam, Jenniwardin, Emral Abus, Syafrianto Rusli, John Arwandi, Indra Sjafri, Nilmaizar, Jafri Sastra, Weliansyah, Delfi Adri, Suprianto, Yeyen Tumena dan lainnya.

Menyusul belakangan ini generasi baru, ada Alex Aldha Yudi (asisten pelatih fisik Timnas Indonesia) dan Dian Okta (eks. Mitra Kukar/sekarang pelatih kepala Tim Kab. Tasikmalaya), Hengki Ardiles (Pelatih Kepala Akademi Semen Padang FC/Asisten Pelatih SPFC).

Tak cukup sampai di situ, satu nama kembali naik “grade“, meniti karir kepelatihannya dari amatir ke profesional.

Adalah Yulian Syahreva, di awal April 2021 untuk pertama kali menerima kontrak profesional, asisten pelatih Muba Babel United (MBU), klub Liga 2 Indonesia. Dia mendampingi pelatih kepala, Jafri Sastra, dalam mempersiapkan tim menghadapi Liga 2 musim 2021/2022 mendatang.

Bersama Sasi Kirono (asisten teknik), Heri Susilo (pelatih kiper) dan Budi Kurnia (pelatih fisik), Reva telah berada dengan tim di Stadion Serasan Sekate, Sekayu, Musi Banyu Asin.

Yulian Syahreva, mulai mencicipi dunia pelatih pro. (foto: ist)

“Alhamdulillah, yang pertama rasa syukur yang sangat besar kepada Allah SWT. Saya bisa diberi kesempatan dan kepercayaan yang luar biasa oleh management Muba Babel United dan Coach Jafri Sastra beserta Coach Budi Kurnia untuk bisa bekerja maupun belajar dengan mereka,” ucap Reva kepada bolabeten.com, Kamis malam (22/4).

Sekilas Reva, Ia termasuk deretan pelatih berbakat dan potensial Sumatera Barat. Lama berkutat di pembinaan pesepakbola usia dini/muda tim-tim SSB (Sekolah Sepak Bola).

SSB Painan Yunior, SSB PSTS Tabing, SSB Putra Wijaya, SSB Netral, SSB Saiyo Kota Solok, jadi tempat ia menuangkan ilmu kepelatihannya.

Di sela melatih SSB, lulusan Universitas Negeri Padang (UNP), S.1 Fakultas Ilmu Keolahragaan Jurusan Pendidikan Kepelatihan dan S.2 Manajemen Pendidikan Olahraga Pascasarjana UNP ini juga menukangi klub-klub amatir Sumatera Barat.

Yakni, PSP U-18 (2012) Tim Kabupaten Pesisir Selatan (PORPROV Sumbar 2014 dan 2016), Pespessel (kompetisi PSSI Liga Nusantara 2016 dan Liga 3 dan Piala Indonesia 2018) PSKB Bukittinggi (2017) dan PSP Padang (Liga 3 2019), SSB Saiyo Kota Solok (2020/Penasehat Teknis)

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top