Peristiwa

PT Trans 1000 dan PIGIJO Sponsori Gebyar Festival Budaya Betawi, Cipedak Kampung Alpukat

Foto Beb - Tarian Betawi pembuka acara Festival Budaya Betawi Kampung Cipedak

Jakarta, Prokabar — Alunan musik Gambang Kromong Betawi menghangatkan suasana Gebyar Festival Budaya Betawi, Cipedak Kampung Alpukat 09. Festival yang dilakukan masyarakat khususnya RW 09, Kelurahan Cipedak, Jakarta Selatan ini merupakan tahun keempat.

Sepanjang Jalan Srengseng Sawah Raya (belakang kampus ISTN) tertutup bagi kendaraan. Mulai dari pintu masuk hingga tempat acara dipenuhi aneka jajanan khas Betawi seperti, kerak telor, bir pletok, kembang goyang dan berbagai kuliner lainnya.

Selain itu, kegiatan menarik dilakuan selama dua hari mulai 15 – 16 Juni. Acara yang disponsori PT Trans 1000 dan PIGIJO tersebut diisi antara lain, jalan sehat, cerdas cermat PKK, festival kerak telor, lomba bersih kampung, lomba busana Betawi cilik, lomba stand, pentas seni dan budaya Betawi serta bazaar dan kuliner.

Di sini, warga kampung Cipedak RW 09 juga akan mencanangkan bahwa kampungnya merupakan kampung alpukat yang harus dilestarikan sebagai salah satu aset budaya dan kuliner Betawi.

Menurut Ketua Penyelenggara Zainal Muttaqin, Festival Budaya Betawi 2 tahunan ini akan berlangsung lebih spesial, karena Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali dijadwalkan akan hadir dan membuka acara ini.

“Pak Walikota Marullah Matali akan melakukan prosesi ngalap (memetik langsung dari pohonnya) alpukat Cipedak di pemukiman warga kampung Cipedak RW 09 sekaligus mencanangkan bahwa Cipedak merupakan kampung alpukat yang harus dilestarikan,” jelas Zainal Muttaqin.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Selatan, Mukhlisin, mengatakan, festival dua tahunan itu digelar untuk memeriahkan HUT ke-492 Kota Jakarta.

“Festival Budaya Betawi yang merupakan agenda dua tahunan masyarakat Cipedak RW 09 itu momen acaranya ada lomba-lomba, seperti lomba Gerak Jalan, Festival Kerak Telor, lalu kuliner yang kita ingin tonjolkan di sini buah Alpukat Cipedak,” ujar Mukhlisin. (beb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top