Peristiwa

Press Release Rukyat Hilal Awal Ramadhan 1438 H


STASIUN GEOFISIKA PADANG PANJANG

Pada hari ini 26 Mei 2017 BMKG telah melaksanakan rukyat di 23 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia yang bekerjasama dengan kemenag dan institusi lainnya. Sistem rukyat hilal yang dilaksanakan oleh BMKG adalah rukyat hilal online yaitu system rukyat yang datanya langsung dikirimkan ke server BMKG PUsat untuk disebarluaskan dan dapat diakses masyarakat melalui web BMKG di http://media.bmkg.go.id/hilal. BMKG rutin melaksanakan rukyat Hilal ini disetiap awal bulan Hijriah dan bukan hanya dalam penentuan awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijah saja.

Baca Juga :  Innalillahi, Giliran Polrestabes Surabaya Diledakkan

Disamping tahun ini BMKG live streaming di kementrian Agama RI sebagai salah satu bahan masukan saat sidang itsbat awal bulan Ramadhan 1438H.

Berdasarkan hasil BMKG untuk lokasi Shalter Nurul Haq Padang

Matahari terbenam pukul 18.18 WIB

Tinggi Hilal :  8”17.01′

Bulan terbenam pukul 18.57 WIB

Baca Juga :  Harga Bawang Merah Turun, Padahal Mau Puasa

Setelah dilaksanakan rukyat Hilal di lokasi ini diperoleh hasil:

1. Hilal tidak teramati dikarenakan diufuk barat berawan sangat tebal.

2. Hasil rukyat ini sudah dilaporkan kepada petugas dari Kemenag bahwa hilal tidak teramati dari Shalter Nurul Haq Padang.

3. Adapun berdasarkan live streaming BMKG dilokasi lain hilal teramati oleh petugas dari BNKG Stasiun Geofisika Manado pukul 18:10 WITA,  BMKG Stasiun Geofisika Palu pukul 18:27 WITA dan BMKG Stasiun Geofisika Tangerang pukul 18:21 WIB

Baca Juga :  Puasa Sebentar Lagi, Taraweh Masjid Mana?

Sebagai institusi yang salah satu tupoksinya adalah dalam penentuan tanda waktu, BMKG menginformasikan data hisab dan rukyat yang diperlukan dalam penentuan awal bulan Hijriah kepada pemangku kebijakan dan masyarakat luas melalui melalui web BMKG. 

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Silaing Bawah, Padang Panjang

RAHMAT TRIYONO, ST, DIpl. Seis, M.Sc
*Foto : ist

Berani Komen Itu Baik

To Top