Nasional

Perpaduan Spektakuler! IDCO Gabungkan Tarian Balet Diiringi Lagu Daerah Sumatera Barat, ‘Gelang Sipaku Gelang’

Adegan tarian balet 'Malin Kundang' dimainkan penari IDCO di Galeri Indonesia Kaya

Jakarta, Prokabar – Balet! Pastinya sebagian besar orang menganggap teknik tari asal Italia ini sangat membosankan. Kesan inilah yang membuat Indonesia Dance Company (IDCO) mengubah pandangan dengan memasukan unsur budaya Indonesia.

Misi inilah yang membuat pendiri IDCO, Claresta Halim dan timnya secara rutin menggelar pertunjukan setiap tahunnya. Semua itu menjadi misi IDCO untuk melestarikan budaya sambil mengenalkan tarian balet kepada masyarakat Indonesia.

Seperti yang tengah dipersiapkan IDCO, pertunjukan ‘Untukmu Indonesiaku’ September mendatang dikemas dalam bentuk yang berbeda. Kali ini IDCO berkolaborasi dengan pianis yang juga komposer kenamaan, Ananda Sukarlan.

Foto Beb – Ananda Sukarlan, pianis dan komposer

Ada satu sesi dimana cerita rakyat dari Sumatera Barat ‘Si Malin Kundang’ dan lagu daerah ‘Gelang Sipaku Gelang’ akan ditampilkan di Gedung Kesenian Jakarta, 27 September mendatang.

Ananda Sukarlan yang sudah membuat musik etnik khas Minang ini rupanya membuat rasa penasaran Claresta. Sehingga IDCO kali ini mempercayakan aransemen musik dari sang komposer.

“Musik yang saya buat ini sudah lama ya sekitar setahun lalu. Saya tertarik mengangkat budaya dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Sekaligus mengangkat cerita rakyat dari Sumatera Barat yaitu ‘Si Malin Kundang’ dan lagu daerah ‘Gelang Sipaku Gelang’,” aku Ananda ketika ditemui Prokabar.com di Galeri Indonesia Kaya, Selasa (9/7).

Menurut pria yang memilih tinggal di Spanyol ini, cerita Si Malin Kundang syarat akan pesan moral. Inilah yang membuat Ananda tertarik untuk mempersembahkan kepada penikmat musik.

Foto Beb – Ananda Sukarlan saat menceritakan pengalaman kolaborasi dengan IDCO

 

“Pemilihan cerita dari Sumatera Barat bagi saya Si Malin Kundang ini syarat akan pesan moral yang baik. Dimana seorang anak tidak boleh melupakan jasa orangtua yang telah membesarkannya,” ujarnya.
“Ini salah satu dari 34 karya saya bertemakan Nusantara diambil dari setiap provinsi di Indonesia,” tambahnya lagi.

Ananda mengaku sangat bangga ketika karyanya itu sejalan dengan misi IDCO dalam melestarikan budaya Indonesia.

“Kami punya satu kesamaan misi. Makanya saya mau berkolaborasi dengan IDCO. Ternyata hasilnya benar-benar menakjubkan,” puji Ananda. (beb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top