Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Olah Raga

Pengamat: Prestasi Olahraga Pessel Turun Menukik, Ini Penyebabnya

Pessel, Prokabar – Benar-benar tak bisa disangka prestasi olahraga Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) turun menukik atau merosot pada ajang Porprov 2018 di Padang Pariaman.

Pengamat Olahraga asal Universitas Negeri Padang (UNP) Alerman mengatakan, bahwa merosotnya olahraga Kabupaten Pessel, karena adanya campur tangan pemerintah lebih jauh membuat prestasi olahraga Pessel merosot.

“Campur tangan pemerintah terlalu jauh. Bagaimana proses pembinaan atau memperbaiki mental, padahal kita juga harus bicara soal fasilitas dan sebagainya,” ujarnya.

Olahraga boleh pemerintah ikut campur, tapi jangan terlalu jauh, kalau lebih jauh, sehingga menciptakan prestasi olahraga Pessel merosot.

“Pemerintah dan KONI harus sejalan, jangan lakukan yang aneh-aneh. Jika menggunakan yang aneh, maka hasilnya juga akan aneh,” ujarnya.

Lanjut mantan atlet atletik itu mengatakan, olahraga Pessel merosot karena semua pihak terlalu sibuk untuk saling mengurus. Kalau mengurus sesuai tupoksinya itu fair, olahraga ini serahkan saja kepada KONI kalau hasilnya ingin bagus.

Ia berumpama, kita tidak bisa melahirkan seorang atlet apabila menjadi pelatih, tapi kalau kita seorang pengurus bisa-bisa saja melahirkan atlet, karena kita manajemennya.

“Seyogyanya Pemda memberikan wewenang sepenuhnya kepada KONI untuk mengurus olahraga, jangan terbalik, kalau terbalik juga hasilnya terbalik,” tutup pria kelahiran Indrapura itu.(min)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top