Trending | News | Daerah | Covid-19

Lifestyle

Pendakian 30 Gunung, Cara Samawe Adventure Dekatkan Diri Pada Sang Pencipta

Dibaca : 606

Jakarta, Prokabar – Komunitas Samawe Adventure tengah menyiapkan perjalanan dan pendakian 30 gunung di Indonesia.

Ekspedisi yang bertujuan mengeksplorasi keanekaragaman alam dan budaya, merangkum dalam karya serta promosi pariwisata Indonesia ini akan diselenggarakan Mei 2021 mendatang.

Dicetuskan oleh R Bambang Adi Wijaya, ‘Ekspedisi 30 Summits’ ini melibatkan 12 pendaki Samawe Adventure dibawah naungan panasehat, Harry Koko Santoso dan Butet Kertaredjasa.

Tidak hanya sebuah perjalanan saja, para pendaki yang beragama Islam juga akan membacakan satu juz Al-Qur’an saat berada di puncak gunung.

“Mendengar kata-kata bijak, melakukan kebaikan itu tidak memilih tempat. Dari mana pun dan kapan pun kita bisa menyuarakan kebaikan sesuai dengan rutinitas yang kita jalani,” jelas Awe (panggilan akrab R Bambang Adi Wijaya) di Kantor Deteksi Production di Jalan Kerinci, Jakarta Selatan.

“Hikmah inilah yang kemudian saya tafsirkan sebagai muslim. Saya berusaha untuk melakukan kebaikan melalui hobi yang biasa saya lakukan. Jadilah niat kami dari 30 puncak gunung akan ada 30 juzz surat Alquran yang akan dibacakan,” ujarnya menambahkan.

Dijelaskan founder Samawe Adventure, ekspedisi ini menghasilkan tiga output penting. Yaitu, jurnal perjalanan, dokumentasi 30 gunung dan buku.

“Dokumentasi perjalanan harian dalam bentuk audio visual akan tayang di kanal YouTube Samawe Adventure. Video dokumenter masing-masing gunung dan masyarakat adat sekitar. Serta rangkuman tertulis berisi jurnal, pengalaman, informasi dan hasil eksplorasi ekspedisi,” sambung Awe.

Selain Awe, perwakilan Samawe Adventure, Gigih Adi Prabowo menjelaskan bila ekspedisi ini dibagi jadi tiga etape. Pertama, lima gunung di Sumatera. Kedua, 17 gunung di Jawa, Bali, Lombok Nusa Tenggara dan 8 gunung di Kalimantan, Sulawesi, Ambon dan Papua.

“Dimulai dari Gunung Leuser di Aceh dan berakhir di Gunung Cartensz, Papua,” bebernya.

Ekspedisi pertama Samawe Adventure ini juga mengajak musisi Denny Frust terlibat langsung dalam pendakian. Rencananya pelantun ‘Mari Bergerak Kawan’ ini akan ikut perjalanan di Gunung Merapi (Jawa Tengah) dan Gunung Marapi (Sumatera Barat).

“Tertarik ikut dalam ekspedisi ini. Karena mereka komunitas yang luar biasa, menaklukan 30 gunung di Indonesia. Ide ‘gila’ inilah yang buat saya penasaran,” aku Denny penuh semangat.

Sebagai penasehat dalam tim ekspedisi ini, Harry Koko Santoso menyambut baik dengan ide Samawe Adventure. “Sebagai penasehat, kami akan mendukung ekspedisi mereka. Apalagi kegiatan ini positif menginspirasi anak muda. Juga untuk persatuan Indonesia,” pungkasnya. (beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top