Peristiwa

Pasca Gempa Beruntun, BMKG Peringati Warga Sulteng Jauhi Laut

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengirimkan rekomendasi kepada BPBD Kabupaten Banggai agar mengarahkan warga di Kecamatan Toili dan sekitarnya untuk mengungsi.

Hal itu dilakukan setelah peringatan dini tsunami pasca-gempa yang terjadi dengan magnitudo 6,9 pada 18.40 WIB lalu. Serta gempa bumi susulan dengan magnitudo 5,2 terjadi pada pukul 19:12:15 WIB dengan lokasi 1,90 LS dan 122,56 BT (84 kilometer barat daya Kepulauan Banggai Sulawesi Tengah).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam rilis yang diterima, Jumat (12/4), mengatakan lokasi gempa di Sulawesi Tengah, Indonesia.

Yakni pada :

85 km Barat Daya Banggai Kepulauan-Sulteng

113 km Barat Daya Banggai-Sulteng

113 km Timur Laut Morowali-Sulteng

“Gempa terasa kuat di Kota Palu sekitar 6 detik. Masyarakat panik dan keluar dari rumah.” tulis Sutopo dalam keterangannya.

“Gempa terasa kuat di Kabupaten Luwu Timur sekitar 4 detik. Dan gempa berpotensi tsunami Kabupaten Morowali, (belum bisa dikontak).”

“BMKG menyatakan gempa berpotensi tsunami dengan status peringatan waspada. Artinya pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyrakat untuk menjauhi pantai dan sungai.” tulisnya. (*/gas/hdp)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top