Budaya

Pakaian Adat Kombinasi Tiga Kecamatan di Tanah Datar Tampil di Kryanusa 2109

Tanah Datar, Prokabar – Selama lima hari, pameran Kriyanusa ke-4 tahun 2019 berlangsung di gedung Balai Kartini Jakarta Selatan. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi ketua Dekranas pusat, Mufidah Jusuf Kalla. Meski tidak diikuti seluruh kabupaten, ini memberi berkah bagi provinsi Sumatera Barat, karena ikon pameran merupakan provinsi Sumatera Barat.

Sebanyak 16 ketua Dekranasda se-Provinsi Sumatera Barat berkesempatan tampil untuk memamerkan busana adat daerah mereka masing-masing, tak terkecuali Kabupaten Tanah Datar yang langsung diperagakan oleh Emi Irdinansyah.

Tampil sebagai model di hadapan ibu negara Ny. Iriana Joko Widodo dan ketua Dekranas pusat Ny. Mufidah Jusuf Kalla serta undangan lainnya, ketua Dekranasda Kabupaten Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi tampil anggun dengan mengenakan pakaian adat hasil kombinasi dari tiga kecamatan sekaligus.

Diantaranya baju kurung sulaman kapalo samek dari nagari Situmbuk Kecamatan Salimpaung lalu dikombinasikan dengan songket dari Pandai Sikek Kecamatan X Koto, selanjutnya dipadukan dengan hiasan laka-laka di kepala yang berasal dari Kecamatan Sungayang.

Ditanya apa alasannya tampil menggunakan pakaian adat dari tiga kecamatan sekaligus, Emi Irdinansyah menerangkan bahwa tujuan utamanya tidak lain untuk mempromosikan busana yang berasal dari Kabupaten Tanah Datar.

“Kita cukup bangga apa yang kami tampilkan hari ini mendapatkan respon positif dari seluruh tamu undangan, terutama ibu negara dan ketua Dekranas pusat,” kata Emi Irdinansyah. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top