Kriminal

Pajang Foto Helm di Profil WA Bawa Sial Kawanan Curanmor di Tanah Datar

Tanah Datar, Prokabar – Lima pelaku curanmor yang diciduk Satreskrim Polres Tanah Datar berawal dari profil WA pelaku yang memajang foto helm yang pernah dia curi.

“Pelaku Yose ditangkap setelah polisi mendapatkan informasi dari korban yang menyatakan helm yang pernah dicuri dengan sepeda motor di Kecamatan Lima Kaum dijdikan pelaku sebagai foto profil WA. Kemudian dilakukan penyelidikan dan diketahui tersangka berada di Pekanbaru,” ucap Kapolres.

Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas mengatakan penangkapan seluruh pelaku berawal dari tertangkapnya pelaku Yose di Pekanbaru Riau, warga Nagari Sungai Patai Kecamatan Sungayang, Tanah Datar.

Dari keterangan pelaku, penyelidikan mengarah kepada ke empat pelaku lainnya yang berasal dari Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Mereka adalah Yose warga Sungai Patai, Kecamatan Sungayang, Doni (24), Irwanto (35), Deki (22) dan Supriadi (24), Keempatnya merupakan warga Jorong Sungai Pinang Nagari Padang Laweh Selatan, Kabupaten Sijunjung. Sedangkan satu pelaku dengan identitas EG dinyatakan dalam buku hitam daftar pencarian orang (DPO).

Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas mengatakan, berdasarkan introgasi dari pelaku Yose, kemudian petugas bergerak menangkap empat pelaku lain yang diketahui bermukim di Kabupaten Sijunjung. Ke empat pelaku merupakan penadah dari hasil curian tersangka Yose.

“Ke empat pelaku (penadah) ini biasanya memesan langsung barang kepada tersangka Yose. Motor yang dipesan, kemudian dipetik oleh tersangka di wilayah hukum polres Tanah Datar,” tambah Kapolres.

Bayuaji menambahkan, jika pelaku Yose tidak beraksi sendiri melainkan terdapat beberapa pelaku lain seperti EG (DPO) dan terduga dua orang lainnya yang saat ini tengah dirawat di rumah sakit karena kecelakaan.

“Dua terduga pelaku yang dirawat dirumah sakit akibat kecelakaan sepeda motor mengendara dengan keadaan mabuk tuak disinyalir ikut dalam aksi pencurian sepeda motor bersama tersangka Yose,” ujar Kapolres.

Adapun barang bukti yang diamankan diantaranya Beat Hitam Nomor Rangka MHIJFPI286K642616, Beat Slas Merah Nomor Rangka MHIJFD219DK900268, Scoopy Hitam, Nomor Rangka MHIJFLI14EK129876, Scoopy Merah Nomor Rangka MHIJFW118GK276903, Mio Merah Nomor Rangka MH328D20BAJ744691, Beat Tanpa Nopol Nomor Rangka MHIJM211XJK775448, Beat Hitam Tanpa Nopol Nomor Rangka MHIJFD227DK393914, Beat Merah Tanpa Nopol MHIJFD210DK744377 dan Supra X Nomor Rangka MHIJB912XAK318422.

“Bagi siapa yang merasa kehilangan sepeda motor di wilayah hukum Polres Tanah Datar, untuk sementara bisa mengecek kendaraannya ke Mapolres Tanah Datar,” tutup Kapolres.

Saat ini, ke lima pelaku telah diamankan di ruang tahanan Polres Tanah Datar untuk proses hukum lebih lanjut dan barang bukti. Semuanya disangkakan pasal 363 jo 480 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top