Nasional

Padamkan Api Sumsel, BPBD Turunkan Empat Helikopter

Pelembang, Prokabar — Perhelatan Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) tinggal sepuluh hari lagi. Namun, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih saja terjadi dibeberapa daerah di Sumsel.

Sejak beberapa hari yang lalu, terjadi karhutla di kabupaten rawan, salah satunya di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel. Terlebih di kabupaten ini sebagian besar merupakan lahan gambut yang mudah terbakar.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Prov.Sumsel, Iriansyah hingga saat ini kebakaran masih terjadi dan semua pihak berupaya kera memadamkan karhutla tersebut. Berbagai cara pemadaman pun dilakukan, baik darat maupun udara.

Adanya karhutla kembali, kata Iriansyah diperparah dengan cuaca yang sudah memasuki musim kemarau. Terlebih lahan gambut sudah kering dan tidak dialiri air lagi.

“Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi khususnya di Kabupaten OKI Kecamatan Tulung Selapan,  sudah berhasil dipadamkan  begitu juga ada kebakaran di Embacang, Mesuji Kabupaten OKI , kemarin ada empat Helikopter  yang kita padamkan dengan dibantu satu dari Sinar Mas , Alahamdulillah sudah padam dan sekarang sedang dilakukan pembasahan”, kata Iriansyah.

Selanjutnya Iriansyah menjelaskan semalam terjadi kebakaran di Muara Medak, dua helikopter sudah diturunkan untuk melakukan pemadaman dan sedang dalam proses pembasahan.  Lahan yang terjadi kebakaran sedang dalam penyelidikan Tim dari Polda apa  penyebab kebakaran. Kita belum bisa memastikan apakah ini disengaja atau tidak,” ucap Iriansyah mengakhiri wawancaranya. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top