Trending | News | Daerah | Covid-19

Ekonomi

Nilai Transaksi Pasar Lelang Sumbar Terus Meningkat

Dibaca : 272

Padang, Prokabar – Nilai transaksi pada Pasar Lelang Pemerintah Provinsi Sumbar yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan meningkat dari pertama kali dilaksanakan pada Maret 2018.

“Kita sudah beberapa kali gelar Pasar Lelang. Pertama Maret, nilai transaksinya Rp1,9 miliar. Kemudian April meningkat menjadi Rp2,3 miliar,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar Zaimar di Padang, Selasa.

Diharapkan tren itu bisa terus meningkat pada pelaksanaan Pasar Lelang bulan Mei 2018.

Pasar lelang merupakan kegiatan rutin yang digelar Disperindag Sumbar, untuk mempertemukan produsen langsung dengan konsumen.

Pada 2018 direncanakan tujuh kali kegiatan pasar lelang dan telah terlaksana tiga kali yakni di bulan Maret, April, dan Mei.

“Pasar lelang ini untuk membantu produsen menemukan konsumen yang cocok. Jika transaksi terjadi, maka juga mendorong perekonomian masyarakat. Memang bagusnya pasar lelang ini frekuensinya diperbanyak,” katanya.

Zaimar mengungkapkan, dulu ketika APBD masih mampu membiayai pelaksanaan pasar lelang, jumlah kegiatan pasar itu bisa mencapai 13 kali dalam setahun. Saat penarikan kewenangan konkuren dari kabupaten dan kota pada 2016, anggaran banyak tersedot untuk membiayai bidang lain sehingga pasar lelang hanya bisa dilaksanakan tujuh kali.

Sementara itu, untuk menggairahkan produsen supaya berminat datang ke pasar lelang, juga dianggarkan bantuan uang transportasi, meski tak banyak.

Di pasar ini, produsen hasil perkebunan dan pertanian bisa bertemu langsung dengan konsumen. Sekaligus mereka bisa mengevaluasi, jika ada produknya yang kurang diminati konsumen, kedepannya, produsen bisa memperbaiki kualitas produknya. (*/eda)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top