Peristiwa

Nagari Mandeh, Kini Sudah Dijadikan Desa Wisata

Pessel, Prokabar – Bagi pengunjung yang hobi berwisata atau berpitualang, mungkin sudah pernah mendengar Nagari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Kini, Nagari Mandeh sudah diresmikan menjadi ‘Desa Wisata Nagari Mandeh’ pada Minggu (7/4). Kemaren oleh Pemerintah setempat dihadiri Bupati Hendrajoni bersama Komisaris Utama BRI, Andrianof Chaniago.

“Ya, Nagari Mandeh, kini sudah dijadikan ‘Desa Wisata Nagari Mandeh’ yang salah satu tempat sering dikunjungi wisatawan lokal bahkan wisatawan nasional.

Tak jarang, wisatawan yang datang memilih bermalam di sana untuk lebih puas menikmati berbagai objek wisata yang ada.

Wisatawan yang berkunjung ke ‘Desa Nagari Mandeh’ akan dimanjakan dengan objek wisata pantai dan alam yang menakjubkan.

Untuk memberikan kesan berbeda, Desa Wisata Nagari Mandeh memasang banner ‘Selamat Datang di Desa Wisata Nagari Mandeh’ yang dibangun sejak beberapa hari belakangan oleh bantuan CSR BRI.

Bupati Pessel, Hendrajoni mengatakan, banner tersebut dipasang untuk mempromosikan wisata yang ada di Nagari Mandeh.

“Ya tujuannya untuk mempromosikan wisata yang ada di sini dan memperkenalkan Desa Wisata Nagari Mandeh ini lebih luas lagi kepada wisatawan,” ujarnyanya.

Pemasangan banner ini akan menjadi nilai tambah dengan memberikan tampilan dan kesan berbeda bagi wisatawan yang datang berkunjung ke sini, ungkapnya.

“Kita sangat berterima kasih kepada BRI terutama kepada Komisaris BRI Andrinof Chaniago yang telah perduli kepada perkembangan pariwisata kawasan Mandeh,” ujarnya.

Menurutnya, Pemkab Pessel sangat membutuhkan kepedulian dari berbagai pihak untuk meningkatkan pembangunan dan perkembangan Kawasan Mandeh, sebab dengan keterbatasan yang dimiliki daerah mustahil semua terwujud tanpa dukungan semua pihak .

Komisaris Utama BRI, Andrinof Chaniago mengatakan, bantuan yang diserahkan tersebut sebesar Rp300 juta yang diperuntukan untuk pembangunan Banner, Pembangunan Balai Pertemuan dan Bedah Warung dikawasan Desa Wisata Nagari Mandeh.

Menurutnya mantan Menteri Bapennas itu, akan banyak usaha ekonomi yang timbul dengan berkembangnya Kawasan Mandeh, karena itu kesiapan masyarakat dari berbagai segi harus sudah dipersiapkan mulai dari akses jalan ,komunikasi hingga warung warung yang berada disepanjang Kawasan Mandeh yang mana harus menampilkan kesan menarik bagi wisatawan ketika berkunjung ke lokasi wisata.

“Dengan berkembangnya Kawasan Mandeh maka masyarakat harus ikut terlibat karena banyak ekonomi baru yang akan timbul dengan berkembang kawasan Mandeh, bahkan semenjak jalur darat kawasan Mandeh lancar maka semangkin banyak wisatawan yang berkunjung,” ujarnyanya.

Ia menambahkan, melalu kerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) BRI mengadakan kompetensi bedah warung dengan tujuan agar warung-warung yang berada di Kenagarian Mandeh bisa berbenah sehingga wisatawan bisa tertarik untuk singgah dengan menjual makanan khas daerah.

“Kita berharap dengan bantuan ini bisa bermanfaat dan kedepannya masyarakat lebih baik memberikan pelayanan kepada wisatawan sehingga Kawasan Mandeh bisa selalu menjadi destinasi andalan,” tutupnya,(min)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top