Daerah

Mutu Kelembagaan PAUD di Pasaman Dipetakan, Ini Tujuannya

Dibaca : 157

Pasaman, Prokabar — Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD Dikmas) Sumatera Barat bekerjasama dengan Bidang Paudni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman, menggelar kegiatan pemetaan mutu bagi kelembagaan PAUD di era tatanan normal baru.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Pasaman, Rabu (23/9) itu diikuti sebanyak 23 orang peserta yang terdiri dari kepala PAUD, dan operator PAUD se- Pasaman.

“Pemetaan mutu dilakukan dalam rangka pemenuhan delapan strandar pendidikan untuk percepatan akreditasi serta penguatan kelembagaan dititik berat pada Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK),” ujar Atos Indria selaku Ketua Tim Pemetaan Mutu UPT BP PAUD Dikmas Sumbar Kemendikbid RI.

Kata Atos Indria, peningkatan mutu pendidikan merupakan sebuah komitmen Pemerintah Republik Indonesia yang diterapkan melalui berbagai peraturan perundangan terkait sistem pendidikan nasional.

Dijelaskannya, pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Lingkup standar nasional pendidikan termasuk standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

Pengendalian dan sertifikasi pendidikan sesuai dengan standar Nasional pendidikan dilakukan evaluasi dan sertifikasi.

Salah satu tugas BP PAUD Dikmas Sumbar ini kata Atos adalah, meningkatkan kualitas satuan pendidikan yang memenuhi standar nasional pendidikan yang siap diakreditasi oleh BAN PAUD dan PNF. Untuk mendukung kegiatan itu salah satunya melalui kegiatan pemetaan mutu.

“Dalam kegiatan pemetaan mutu ini yaitu melakukan pengimputan data oleh operator satuan pendidikan, dalam hal ini satuan pendidikan yang kita maksud adalah PAUD (TK), sedangkan pendidikan masyarakat itu adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Nah, semua satuan pendidikan PAUD dan Dikmas ini melakukan pengiputan data di awal,” terangnya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top