Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Mengagumkan, Gelora Sastra Anak Muda Menggema di Pariaman

Dibaca : 610

Pariaman, Prokabar — Gelora Sastra merupakan acara tahunan Klub Sahara yang diadakan dalam rangka HUT Klub Sahara sekaligus Bulan Bahasa Oktober berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda. Tahun ini HUT ke-3 dari Klub Sahara, kumpulan anak muda-mudi pecinta kesusastraan Indonesia. Pencipta karya sastra novel, syair (puisi) dan cerita pendek.

Mardhiyan Novita, perintis sekaligus pendiri Klub Sahara mengatakan

Tahun ini, Gelora Sastra mereka meluncuran 5 judul

kumpulan buku kisah inspiratif. Dengan tema “Tersenyumlah, Impianmu Tengah Diperjuangkan.”

Novel pertama dengan judul “Luka” karya Mardhiyan Novita M.Z. Karya kedua “Licht in Holland” karya Arif Rahman Hakim. “Sehasta Harap Sedepa Rindu” karya Frizka Andani. Dan kumpulan cerpen “Bagaimana Kalau Seorang Perempuan Bermain Hati dengan Seekor Kerbau,” karya Annisa Ainur Rahman.

Mardhiyan bersama anggota binaannya juga mengangkat tema  Ketika Pejabat Bersajak serta diskusi inspiratif kepenulisan dengan 4 orang penulis muda Pariaman. Pementasan seni sastra (monolog, teaterikal, puisi, musikalisasi) dan bazar buku.

“Peserta diperkirakan 265 orang dari OPD Pemkot Pariaman, Sastrawan, guru, mahasiswa, pelajar, serta masyarakat umum lainnya,” Kata Sarjana Tamatan Universitas Indonesia tersebut.

Ia juga mengungkapkan tujuan Gelora Sastra sebagai upaya membangkitkan literasi di Kota Pariaman sekaligus menyemarakkan Bulan Bahasa di Oktober ini.

“Masih banyak anak muda gemar, suka, hobi, berpotensi, berbakat, bersemangat, serta peduli dengan upaya menggelorakan literasi di Kota Pariaman ini. Klub Sahara menjadi media yang tepat bagi mereka. Gelora Sastra ibarat kegiatan yang paling dinantikan oleh anggota Klub Sahara maupun oleh masyarakat yang melek literasi,” tuturnya.

Semoga geliat literasi ini tidak hanya ‘diamati’ pemerintah setempat. Melainkan seharusnya didukung dengan serius. Setiap tahun dalam Gelora Sastra jumlah buku yang diluncurkan meningkat. Bila tahun lalu 3 buku, tahun ini 5 buku, semoga tahun depan 10 buku.

“Klub Sahara juga membagikan hadiah lomba yang diadakan sebelumnya. Seperti Lomba Menulis Kisah Inspiratif, Lomba Cipta Puisi dengan 3 kategori SD, SMP, SMA sederajat se-Kota dan Kabupaten Padang Pariaman,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top