Peristiwa

Mau Naik Gunung Kerinci? Kuota 50 Orang Sehari

Yunaidi kabid pengelolaan TNKS (foto ant)

Padang, Prokabar — Gunung Kerinci boleh didaki. Jika lewat jalur Solok Selatan maka diberi kuota, 50 orang sehari. Harus melapor 3 hari sebelum mendaki.

Kuota dipatok oleh petugas Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Ini untuk keselamatan dan memudahkan memantau pergerekan pendaki.

“Pemberitahuan ini penting supaya tidak terkendala pengurusan surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi),”kata Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Sumbar, Yunaidi di sela acara pelatihan pengelolaan ekowisata berbasis masyarakat kepada pemandu pendakian Gunung Kerinci di Padang Aro, Kamis.

Ia menyebutkan waktu pendakian juga dibatasi maksimal empat hari naik sampai turun, karena kondisi alam di kawasan itu tidak menentu.

“Memang akan ada antrean pendaki namun itu akan membuat pengunjung semakin penasaran,” katanya.

Pengurusan simaksi bisa dilakukan di Kantor Wilayah II Sumbar di Padang, kantor Balai Besar di Sungai Penuh, dan Kantor Seksi IV di Solok Selatan.

“Khusus pendaki mancanegara simaksinya harus dari Balai Besar TNKS,” ujarnya.

Untuk jalur pendakian dari Solok Selatan ujarnya, sulit untuk dijadikan zona pemanfaatan, sebab berada dalam kawasan rimba sehingga setiap pendaki harus mengurus simaksi.

“Solok Selatan menjadi lokasi pengelolaan ekowisata di kawasan TNKS di Sumbar, dan sekarang kami juga sedang mengembangkannya di Pesisir Selatan pada air terjun Lumpo,” katanya. (*/lgs)

Berani Komen Itu Baik
To Top