Trending | News | Daerah | Covid-19

Pendidikan

Mantap, SMAN 1 Tanjung Raya Buka Program Ekskul Jurnalistik

Dibaca : 237

Agam, Prokabar — Sejarah perjuangan kemerdekaan RI sebagian darinya adalah tokoh pers nasional. Dengan karya tulis dan jurnalistik, mereka melakukan pergerakan. Memberontak melawan penjajah dengan menuangkan pemikiran karya jurnalistik di sebuah media massa.

Sebut saja Haji Agus Salim, Buya Hamka, Muhamamd Hatta, Mohammad Natsir, Abdul Muis dan Rasuna Said. Merupakan beberapa contoh tokoh pers dimasa perjuangan kemerdekaan, kemudian menjadi pahlawan nasional. Mereka berjuang melalui karya jurnalistik. Artinya, melalui jurnalistik ini mereka mampu meningkatkan wawasan dan intelektualnya melawan penjajahan.

Dari dasar itu, Kepala SMA Negeri 1 Tanjung Raya Maninjau, Burmal bersama Wakil Kurikulum, Surya Chandra bercita-cita pula melahirkan generasi seperti pejuang kemerdekaan tersebut, melalui Program Ekstrakurikuler Jurnalistik.

“Meski sudah merdeka, perjuangan pembangunan sumber daya manusia untuk mengelola sumber daya alam wajib diwujudkan. Hal tersebut salah satu bukti kita menghormati para pahlawan terdahulu. Bertujuan meningkatkan kecerdasan dan kebahagian anak cucu kita nantinya,” ungkap Burmal kepada Prokabar.com, Sabtu (3/8).

Agar program tersebut sukses dan sesuai target lanjutnya, pihak sekolah bekerjasama dengan beberapa rekan pers, untuk membuka Program Ektrakurikuler Jurnalistik. Kebetulan dukungan Komite dan Alumni sangat baik.

Sebelumnya, program ini sudah berjalan. Namun kendala minimnya tenaga pengajar bidang jurnalistik di sekolah, membuat program tersebut sempat terputus.

“Alhamdulillah, saat ini kita mendapat mitra kerja dibidang jurnalistik. Mereka cukup proposional dan profesional bekerja dilapangan. Dua orang rekan pers tersebut kita harapkan bisa mewujudkan cita-cita kita. Dan pada tahap awal ini, ada 19 orang anak yang mengikuti. Kemungkinan besar akan bertambah,” lanjutnya.

Surya Candra, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum menambahkan, Alumni dan Komite sangat semangat membantu kemajuan sekolah. Dukungan tersebut semakin meningkat bila program diusung terukur dan jelas prospeknya.

“Kita akan totalitas mensukseskan program ekstrakurikuler jurnalistik ini bila proses berjalan memuaskan. Anak-anak yang sudah memiliki dasar-dasar jurnalistik dapat melahirkan karyanya dan terbit di salah satu media massa,” jelasnya.

Guru tamatan ITB ini juga sangat serius agar program jurnalistik tersebut melahirkan generasi penulis. “Kita butuh anak-anak kreatif, kritis dan inovatif. Agar itu tercapai, metode pelatihan jurnalistik salah adalah satu langkah terbaik dan sangat tepat,” terang Chandra.

Sementara itu, Mursidi selaku pemateri sekaligus Ketua PWI Agam menerangkan, program tersebut membuatnya bangga dan terkucak kagum. Tidak banyak pihak sekolah yang berfikir dan berupaya menangkap potensi jurnalistik.

Pihak sekolah ini, sangat jeli dan cerdas membangkitkan jurnalistik pada pelajar. Biasanya, pihak sekolah hanya terpaku pada program literasi dangkal. Padahal literasi yang sesungguhnya itu terangkum dalam proses kerja jurnalistik.

“Kami sangat senang dan bangga pada SMA Negeri 1 Tanjung Raya Maninjau. Jurnalistik salah satu metode jitu untuk melatih anak jeli menggali, meneliti, mengemas sebuah informasi. Termasuk menyelidiki kebenaran sebuah informasi. Bahkan dapat menangkal berita Hoax.

Wawasan, relasi, dan kecerdasan anak juga cepat tercapai melalui Jurnalistik. Pasalnya, cara kerja jurnalistik atau kewartawan harus melalui proses teknik penghimpunan data melalui prosedur. Seperti harus banyak wawancara pada narasumber berkompeten, membaca buku, surve kelapangan dan sebagainya,” ungkap Mursidi.

Korda Harian Umum Indenpenden Singgalang Kabupaten Agam itu juga mendukung penuh program ekskul jurnalistik tersebut. Berharap dapat melahirkan generasi jurnalistik hebat dengan karya-karya berkualitas nantinya.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin sesuai kemampuan dimiliki dan kemampuan pihak sekolah untuk menfasilitasi kegiatan ini. Mudah-mudahan program ini berjalan lancar, sesuai apa yang diharapkan,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top