Trending | News | Daerah | Covid-19

Lebaran2018

Mandeh dan Carocok Diserbu Wisatawan Selama Lebaran

Dibaca : 221

Painan, Prokabar – Dua objek wisata unggulan di Kabupaten Pesisir Selatan yakni Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh dan juga Pantai Carocok Painan menjadi favorit wisatawan selama lebaran Idul Fitri 1439 H.

Sebanyak 71.229 wisatawan baik lokal maupun nasional “menyerbu” dua objek wisata sejak hari pertama libur Lebaran 2018.

“Hingga Selasa (19/06) tercatat sebanyak 51.578 wisatawan berkunjung ke Pantai Carocok Painan, sementara sisanya sebanyak 19.651 berkunjung ke KWBT Mandeh,” kata Kepala Dinas pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat, Mawardi Roska di Painan, Rabu (20/6).

Peningkatan kunjungan pada kedua objek wisata terjadi pada hari ketiga libur Lebaran Pantai Carocok Painan dikunjungi oleh 15.010 wisatawan dan KWBT Mandeh dikunjungi 6.406 wisatawan.

Sementara pada hari pertama libur Lebaran kunjungan pada kedua objek wisata masih sedikit yakni di Pantai Carocok Painan hanya 745 wisatawan dan KWBT Mandeh dikunjungi 159 wisatawan saja.

“Pada hari pertama libur Lebaran masyarakat fokus berkunjung ke rumah sanak keluarganya dan pada hari kedua baru berkunjung ke objek wisata, sementara wisatawan yang berasal dari luar provinsi sedang dalam perjalanan ke Pesisir Selatan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, wisatawan yang datang ke kedua objek wisata berasal dari pelbagai provinsi di Pulau Sumatera mulai dari Bengkulu, Jambi, Pekanbaru, Batam bahkan diantara juga dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tiket masuk ke kedua objek wisata Rp5 ribu dan selanjutnya wisatawan bisa menikmati keindahan objek wisata bahari tersebut.

Khusus di Pantai Carocok Painan wisatawan akan disuguhkan pemandangan karang-karang laut yang kaya dengan biota lautnya serta pemandangan Pulau Cingkuak yang eksotis dan kerap dijadikan wisatawan sebagai latar berswafoto ataupun berfoto bersama.

Sementara bagi wisatawan yang ingin menikmati sensasi berlibur lebih menantang mereka bisa menjajal arena banana boat, donat boat atau naik speed boat, dan juga bisa langsung mendatangi Pulau Cingkuak dengan membayar tiket penyebrangan Rp21 ribu per orang.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke KWBT Mandeh, selain bisa menikmati keindahan pulau-pulau dari kejauhan, mereka juga bisa menjajalnya secara langsung namun wisatawan mesti membayar sewa kapal ke masyarakat setempat, tarifnya mulai Rp650 ribu hingga Rp1,5 juta tergantung banyaknya pulau yang akan dikunjungi.(*/mbb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top