Trending | News | Daerah | Covid-19

Pendidikan

Lima Calon Rektor IAIN Batusangkar Ikuti Tes Asesmen

Dibaca : 402

Tanah Datar, Prokabar – Lima orang calon rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar untuk periode 2020 – 2024 akan mengikuti tahapan asesmen secara daring pada Rabu dana Kamis 8 hingga 9 Juli 2020. Kelima calon rektor IAIN Batusangkar tersebut diantaranya Dr.Adripen, M.Pd, Dr.Akhyar Hanif, MA, Dr.Marjoni Imamora, M.Sc, Dr.Suswati Hendriani, M.Pd., M.Pd dan Dr.Syukri Iska, M.Ag.

Seluruh calon rektor IAIN Batusangkar harus mengikuti asesmen yang akan dilakukan oleh Komisi Seleksi dari Kementrian Agama RI. Asesmen dilakukan di sebuah ruangan yang representatif di kampus IAIN Batusangkar dan sudah dipersiapkan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

” Semuanya sudah memenuhi syarat administrasi dan sudah diberikan penilaian dan pertimbangan oleh anggota senat IAIN Batusangkar,” ungkap Sri Adelia Fitri Ketua Penjaringan calon rektor IAIN Batusangkar.

Asesmen sendiri merupakan proses terakhir untuk menentukan tiga orang calon yang akan ditetapkan satu orang untuk menjadi rektor nantinya. Setelah selesai asesmen maka Komisi Seleksi akan langsung melakukan pleno untuk penetapan tiga orang yang akan diusulkan kepada Menteri.

“Untuk penetapan rektor yang akan dipilih merupakan hak “prerogatif” Mentri Agama. Siapapun yang dipilih Mentri itulah yang akan dilantik menjadi rektor,” ungkapnya.

Keputusan menteri adalah mutlak dan tidak bisa diprotes. Selama ini Panitia Penjaringan Calon Rektor IAIN Batusangkar sudah bekerja secara maksimal dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kelima calon Rektor tersebut adalah kader terbaik yang dimiliki oleh IAIN Batusangkar untuk menjadi rektor.

” Proses assesmen ini sebenarnya sudah mesti dilakukan pada bulan Mei yang lalu karena jabatan rektor sebelumnya berakhir pada bulan Mei 2020 yg lalu. Namun karena adanya wabah covid-19 melanda negara kita proses assesmen ini ditunda demi kebaikan bersama,” katanya lagi.

Masa jabatan rektor sebelumnya yang dijabat oleh Dr.Kasmuri, MA sudah diperpanjang semenjak bulan Mei sampai terpilih rektor yang definitif. Semua pihak kampus berharap agar siapa pun rektor terpilih nanti dapat membawa kemajuan untuk kampus IAIN Batusangkar kedepan.

“Siapapun yang terpilih nanti harus kita dukung bersama. Tidak mesti ada konflik dan blok diantara para dosen dan karyawan. Jabatan rektor itu hanyalah tugas tambahan bagi dosen,” ungkap Irwan Malin Basa. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top