Ramadan 1440 H

Lebaran Kian Dekat, Zakat Fitrah Jangan Sampai Terlupa

Padang, Prokabar — Membayar zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat muslim bahkan anak yang baru lahir sekalipun. Penunaiannya saat bulan Ramadan dan boleh dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha’ harga makanan (3,5 liter atau 2.7 kg makanan pokok) yang jika di konversikan sebesar Rp35 ribu hingga Rp40 ribu.

Tidaklah berat sebenarnya, karena saat ini banyak masjid dan musala yang menerima dan menyalurkan zakat fitrah nantinya. Atau juga bisa disalurkan langsung pada mereka yang berhak (Asnaf delapan) yakni Fakir (orang yang tidak memiliki harta), Miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi), Riqab (hamba sahaya atau budak), Gharim (orang yang memiliki banyak hutang), Mualaf (orang yang baru masuk Islam), Fisabilillah (pejuang di jalan Allah), Ibnu Sabil (musyafir dan para pelajar perantauan) dan Amil zakat (panitia penerima dan pengelola dana zakat).

“Bayarnya Rp40 ribu satu kepala Pak. Zakat diri ini bisa dibayar uang, bisa dengan takaran aslinya, makanan pokok. Kalau di Indonesia dengan beras, bukan nasi.” kata Rusdi, amil zakat di sebuah masjid batas kota Padang, Minggu (2/6).

Sebagai salah satu rukun Islam, zakat fitrah memiliki kedudukan istimewa. Beras atau uang yang diberikan akan menjadi sedekah yang dapat membersihkan atau mensucikan diri kita menjelang Hari Raya. (nrs/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top