Opini

Koalisi “Martabak Mesir” Prabowo-SBY (Gerindra-Demokrat-PAN-PKS)

Oleh : Hasril Chaniago

Jurnalis

Banyak orang yang mengeritik Pak SBY sebagai negarawan yang “lamban” karena sering lambat membuat keputusan. Dulu, ketika Pak Gamawan Fauzi menjadi Gubenur dan kemudian Mendagri, kami sering mendiskusikan (membahas/menyoroti) tipikal kepemimpinan Pak SBY ini.

Pak Gamawan yang tenang sering menyebut cara SBY membuat keputusan seperti orang membuat “martabak mesir”. Untuk memasak martabak mesir memang tidak bisa sekali jadi. Harus berkali-kali dibolak-balik baru matangnya baik dan sempurna.

Hal itu pulalah yang dilakukan SBY dan Prabowo sebelum memutuskan berkoalisi menghadapi Pilpres 2019. Harus dibolak-balik beberapa kali sebelum dinyatakan matang dan diungkapkan ke publik.

Nampak sekali, mereka mengambil keputusan berkoalisi bukan dengan pertimbangan kepentingan sesaat dan jangka pendek seperti bagi-bagi kekuasaan (posisi wapres dan jatah menteri, misalnya). Melainkan didahului penyamaan persepsi tentang keadaan bangsa dan negara dan menyamakan platform mau di bawa ke mana Indonesia tercinta itu.

Setelah ada kesamaan pandangan dan rencana kerja, barulah diputuskan untuk melangkah bersama dengan membangun koalisi.

Saya senang dengan cara SBY dan Prabowo (dan mudah-mudahan diikuti PAN, PKS, dan PBB) mengambil keputusan. Tidak terkesan hanya memburu kekuasaan dan bagi-bagi kursi seperti yang lazim dilakukan partai politik di Indonesia.

Dengan cara membangun koalisi seperti ini, mudah-mudahan bisa menggalang dukungan dari semua kekuatan rakyat yang menginginkan Indonesia kuat, maju, dan menjadi negara besar yang bisa memberikan kaadilan dan kemakmuran bagi seluruh rakyatnya.

Membangun “Koalisi Martabak Mesir” ini memang memerlukan ketulusan dan kesabaran. Tapi bukankah kita percaya bahwa Allah Tuhan Yang Mahakuasa selalu bersama orang-orang yang sabar.

Saya mendoakan SBY-Prabowo dan para pemimpin partai yang sedang membangun “Koalisi Martabak Mesir” selalu diberkahi Allah SWT dengan kesabaran dan keikhlasan untuk Indonesia yang lebih baik. Para elite semua partai pendukung koalisi ini pun diberikan kesabaran dan keikhlasan yang sama. Berpolitiklah dengan kerendahan hati, sabar dan ikhlas, semoga mendapat berkah.
Selamat dan semoga berhasil dalam ridha Allah SWT. Amin.

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top