Trending | News | Daerah | Covid-19

Olah Raga

Keren, Padang Bakal Jadi Tuan Rumah Kejurnas Barongsai

Dibaca : 357

Padang, Prokabar — Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) bakal menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Barongsai di Kota Padang, pada 9-11 November  bertempat di GOR HBT. Kejurnas Barongsai di Kota Padang tersebut, bakal diikuti 15 provinsi  dengan 300 atlet.

Pembukaan Kejurnas  Barongsai di Kota Padang, rencananya bakal dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  Puan Maharani.

Sekjen FOBI Xaverius Djunior mengatakan, Kejurnas ini pemanasan untuk PON 2020 di Papua. Ia menambahkan, ajang ini menjadi momen pengenalan Barongsai sebagai olahraga, bukan sekadar seni dan tontonan. 

Terlebih, prestasi olahraga Barongsai Indonesia,  sudah sampai level internasional.

 “Klub dari Sumatera Barat,  bahkan ada yang sudah juara dunia. Barongsai adalah olahraganya rakyat. Terlebih, Barongsai juga mengandung seni dan budaya. Kalau olahraga ini tidak dipertandingakan, lama-lama bisa tidak ada. Mudah-mudahan sukses saat  dipertandingkan dalam PON 2020,” tuturnya, Minggu (21/10).

Adapun yang diperlombakan dalam Kejurnas Barongsai di Kota Padang, ada sembilan kategori diantaranya,  Tarian tonggak, tarian Naga/Liong, Naga Liong kecepatan, barongsai halang rintang.

 Pihaknya, mendorong para atlet untuk  berkompetisi dengan sehat sehingga bisa tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Barongsai sendiri,  kini sudah menjadi olahraga prestasi dan telah masuk anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sejak 2013 lalu.

“Olahraga barongsai sudah dipertandingkan di regional bahkan internasional. Olahraga ini memiliki semangat tak asing buat Indonesia yakni semangat gotong rotong,”ucapnya.

Sementara itu, Ketua FOBI Sumbar Iswanto Kwara menargetkan, untuk Sumbar meraih tiga besar, sehingga para atletnya bisa menuju PON.

“Kami optimis menang meskipun persaingan cukup ketat. Dengan persiapan yang cukup matang, yakin menang,”katanya. (hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top