Trending | News | Daerah | Covid-19

Olah Raga

Kejuaraan Internasional Perahu Naga Digelar, 40 Tim Ikut Serta

Dibaca : 432

Padang, Prokabar – Kejuaraan internasional perahu naga kembali digelar di Padang, mulai 2 hingga 5 Agustus 2018. Sebanyak 40 tim dayung dari berbagai daerah dan negara ikut ambil bagian.

“Terdapat tujuh negara termasuk Indonesia yang ikut dalam kejuaraan rutin tersebut,” kata Ketua panitia teknis kejuaraan Maidison, Kamis (2/8).

Dia menyebutkan enam negara lain yang ikut yakni Jepang, Taiwan, Malaysia, Hongkong, Vietnam dan Jerman.

Namun yang bertanding dalam enam nomor lomba yakni 22 putra, 12 putra, 12 putri, 22 campuran, 12 campuran dan antar bangsa hanya Jepang, Taiwan, Malaysia dan Hongkong.

Sedangkan Vietnam dan Jerman akan ikut pada pertandingan eksebisi pada hari terakhir pelaksanaan.

Untuk tim dari luar Sumbar diikuti oleh 10 tim antara lain Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Indragiri Hilir, DKI Jakarta, Ogan Ilir Sumatera Selatan, dan Laskat Narasinga Indragiri Hulu Riau.

Sedangkan dari tim dalam provinsi diikuti delapan tim antara lain Podsi Solok Selatan, Bukittinggi, Padang, Sijunjung, Provinsi Sumbar dan Padang.

Selain itu tim dari kesatuan keamanan juga ikut sebanyak 13 tim antara lain dari Korem 032 Wirabraja, Polda Sumbar, Polda Padang dan Kolinlamil Jakarta.

Total ada tujuh nomor dalam pertandingan tersebut yakni 14 tim dalam nomor 22 putra, 29 tim 12 putra, 10 tim dalam 12 putri, 10 tim nomor 22 campuran, 14 tim nomor 12 campuran, 10 tim nomor antar kesatuan, dan tujuh tim untuk nomor antar bangsa.

Dia menambahkan kejuaraan ini menjadi yang ke 16 kali digelar di Padang dan disesuaikan dengan kegiatan penyemarak Hari Jadi kota Padang setiap 7 Agustus.

Sejak 16 tahun lalu tersebut, jumlah peserta terus meningkat meskipun demikian hal ini juga bergantung pada kedekatan jadwal di kejuaraan lain.

Khusus bagi Sumbar kata Maidison yang merupakan tokoh dalam bidang olahraga air nasional, adanya kejuaraan ini telah mendorong pedayung perahu naga berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Pada kejuaraan ini setiap tahunnya Sumbar mampu menyabet tiga hingga empat emas, dan diharapkan tahun ini dapat meraih lebih baik.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi mengatakan kejuaraan perahu naga internasional ini juga bagian dari agenda pariwisata kota selain ajang olahraga.

Pada dasarnya kata dia selain menjadi kejuaraan olahraga, kehadiran peserta asing juga diharapkan mengundang masyarakat luar negeri lain datang ke Padang.

Setidaknya dengan kehadiran peserta tersebut nantinya dapat mempromosikan pariwisata di Padang. (*/mbb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top