Lebaran, momen tahunan untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga. Lebaran adalah puncak dari kemenangan, puncak melepas rindu, dan puncak dari kebahagiaan. Bagi kita sebagai makhluk sosial, tidak ada yang lebih indah dari berinteraksi. Kami, prokabar.com, menyadari bahwa lebaran adalah momentum dimana interaksi adalah yang paling hebat. Saling menyapa, bersalaman, berpelukan, dan berbagi adalah interaksi yang hebat itu. Berlandaskan itu, prokabar.com merancang platform interaksi di website kami. Melalui halaman "mudik yok" warganet disuguhkan beragam informasi yang bermanfaat. Ada info lalu lintas, info cuaca, cctv dan berita seputar mudik, termasuk destinasi wisata di Sumatera Barat. Tidak hanya itu, prokabar.com juga menyediakan fasilitas "message" di sudut kiri bawah halaman web. Dengan fasilitas ini pengunjung bisa berbagi foto teks dan video. Lalu tim kami akan menayangkan informasi yang anda bagikan. Yang lebih heboh lagi, sepanjang libur lebaran, prokabar membuat lomba artikel dengan tema umum lebaran di Sumatera Barat. Hadiah totalnya Rp. 10 juta. Lomba ini terbuka untuk umum, termasuk perantau yang sedang pulang kampung. Prokabar mengajak warganet untuk berbagi informasi di prokabar.com. informasi anda akan sangat bermanfaat bagi orang lain. Selamat Lebaran, sempurnakan pulang kampung anda bersama prokabar.com Salam Tim redaksi
Peristiwa

Kapan Puasa? Kemenag Besok Lihat Hilal


Padang, Prokabar – Kapan puasa di Sumbar? Terserah ikut Muhammadiyah atau pemerintah. Kementerian Agama wilayah Sumbar, akan melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan untuk penetapan awal Ramadhan 1439 Hijriah di Gedung Kebudayaan Sumbar Jalan Diponegoro Padang pada Selasa 15 Mei 2018.

“Rukyatul hilal dilaksanakan menjelang matahari terbenam bertepatan dengan 29 Syaban 1439 Hijriah,” kata Kasubag Humas dan Informasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar, Irwan di Padang, Senin.

Menurutnya proses rukyatul hilal akan dimulai sekitar pukul 16.00 WIB dengan menggunakan alat sejenis teropong yang disebut teodolit untuk melihat posisi bulan. Setelah melakukan rukyatul hilal, hasil pengamatan akan langsung dilaporkan ke Jakarta untuk kemudian menjadi salah satu masukan dalam sidang isbath penetapan awal Ramadhan,

Ia mengatakan, tim yang melakukan Rukyatul Hilal berasal dari hakim pengadilan agama, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Majelis Ulama Indonesia serta ormas Islam.

Irwan mengimbau masyarakat untuk menunggu keputusan pemerintah dalam melaksanakan awal Ramadhan yang akan diumumkan pada Selasa malam (15/5).

Terkait adanya masyarakat yang memulai Puasa Ramadhan lebih awal atau lebih lambat dari pengumuman pemerintah, ia menyebutkan hal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing

Sementara Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Padang Panjang Rahmat Triyono menyampaikan lokasi pengamatan hilal dilakukan di lantai 5 gedung kebudayaan atau 21,5 meter di atas permukaan laut.

Ia mengemukakan waktu terbenam matahari pada pukul 18.17 WIB dan bulan pukul 18.17 WIB.

Azimuth matahari pada posisi 288 derajat 54,11 dan tinggi bulan – 0 derajat 15,34, kata dia.

Hilal: Dari lantai 5 gedung Dinas Kebudayaan Sumbar, inilah besok Kemenag Sumbar akan melihat hilal (ist)

Saat itu posisi bulan di sebelah selatan bawah matahari, tambah dia. (*/cpp)

Berani Komen Itu Baik

To Top