Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ini Pernyataan Sikap Forum MKKS Terkait Perlakuan Pihak Kepolisian terhadap Guru SMPN 1 Turi

Dibaca : 220

Padang, Prokabar — Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Sumatera Barat, mengutuk tindakan oknum di Kepolisian Daerah Yogyakarta yang memperlakukan Pembina Pramuka SMPN 1 Turi secara manusiawi, menggiring tanpa alas kaki dan menggunduli kepala mereka.

“Sesuai MoU antara KAPOLRI dengan Pengurus Besar PGRI Nomor: B/3/I/2012 dan Nomor: 70/Um/PB/XX/2012 tanggal 26 Januari 2012 tentang Perlindungan Hukum Profesi Guru. Tindakan ini telah mencederai citra diri dan marwah mereka sebagai Guru dan Pendidik.” ungkap Syafrudin, Ketua Forum MKKS melalui siaran pers, Jumat (28/2).

Lebih lanjut pihaknya tetap mendukung Kepolisian Daerah Yogyakarta melakukan proses hukum sesuai KUHP pasal 359 dan 360 kepada  Pembina Pramuka  SMP N 1 Turi Sleman Yogyakarta yang lalai dalam melaksanakan tugas sehingga mengakibatkan korban nyawa dan luka-luka pada siswa.

Pihaknya juga meminta kepada Mentri Pendidikan dan Kebudayaan untuk menugaskan pejabat yang relevan untuk  melakukan investigasi secara menyeluruh terkait masalah tersebut, “Kita tentu berharap agar kejadian serupa tidak terulang kembali di masa depan dan melakukan pendampingan terhadap siswa yang mengikuti program ekstrakurikuler pramuka di SMPN 1 Turi.” sambungnya

Selain itu, pihaknya juga meminta  kepada Pengurus  Organisasi Profesi seperti PGRI, IGI, FAGI dan organisasi Kepala Sekolah untuk  memberikan pendampingan hukum.  

Pihaknya mengimbau kepada Guru SMPN 1 Turi untuk tegar dan sabar dalam menghadapi masalah ini dan guru di seluruh Indonesia untuk menahan diri dan tidak terpancing oleh isu-isu yang banyak beredar.

“Kami mengucapkan bela sungkawa yang mendalam atas meninggalnya anak-anak kami tersayang  siswa SMP Negeri 1 Turi Sleman Yogyakarta, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan kesabaran.” tutupnya. (*)

                                                                          


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top