Ekonomi

Ini Cara Kementan Jaga Stabilitas Harga Jelang Idul Fitri

Jakarta, Prokabar — Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) gelar operasi pasar untuk menjaga stabilkan pasokan dan harga pangan dari beberapa komoditas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Kepala  Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriadi mengatakan operasi pasar dilakukan karena  sudah mendekati Lebaran yang biasanya komoditas pangan naik. “Masyarakat tetap dapat mendapatkan makanan dan minuman empat sehat lima sempurna dengan harga terjangkau di sini,” kata Agung saat membuka pelepasan operasi pasar di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Jati Padang, Pasar Minggu, Jumat (31/5) kemarin.

Menurutnya harga cabai dan bawang merah di beberapa pasar eceran di DKI mulai bergerak naik. Hal itu disebabkan terganggunya distribusi ke pasar-pasar.

Agung berurai seperti di Pasar Induk Kramat Jati meskipun pasokan masih normal tapi mulai ada pergerakan harga Rp13.000 (cavai rawit merah), Rp24.000 (cabai merah keriting), dan Rp23.000 (bawang merah). Pasokan cabai rawit merah 53 ton, cabai merah keriting 39 ton dan bawang merah 99 ton.

Di tingkat petani produsen diketahui masih normal, pantauan Kementan harga cabai rawit merah dan cabai merah keriting di Tuban Jawa Timur Rp6.000 per kilogram dan Rp13.000 per kilogram, sedangkan bawang merah Brebes di Cirebon Rp20.000 per kilogram dan bawang merah batu di Kabupaten Bandung Rp18.000 per kilogram.

“Komoditas daging ayam menjadi unggulan atau paling diincar konsumen menjelang hari raya lebaran. Kami harus menjaga kebutuhan konsumen supaya teepenuhi,” papar Agung.

Nantinya akan ada 10 pasar eceran yang menjadi sasaran dari operasi pasar ini.

Tak hanya di DKI Jakarta, operasi pasar juga akan terus dilakukan di luar Jakarta jika ditemukan harga yang tidak wajar. “Bila diperlukan lakukan OP dan Gelar Pasar Murah, bekerjasama dengan produsen/gapoktan dan distributor pangan untuk menjaga stabilitas harga pangan di wilayahnya,” tambahnya. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top