Trending | News | Daerah | Covid-19

Lebaran 2019

Ini Dia Pesta Anak Nagari Maninjau Dinanti-nanti Perantau

Dibaca : 218

Tanjung Raya, Prokabar — Kemeriahan Idul Fitri 1440 Hijriah terasa kental dilalui masyarakat Maninjau. Pasalnya, di puncak lepas menahan hawa nafsu serta haus dan lapar, terutama bagi yang melakukan penuh keimanan dan ketaqwaan, hari kemenangan itu dirasakan benar dengan Pesta Rakik-rakik.

Rakik-rakik adalah salah satu tradisi anak nagari Maninjau yang satu-satunya ada di Dunia. Digelar hanya dimalam takbiran Idul Fitri saja.

Rakik-rakik merupakan sebuah rakitan bambu dihias dengan orname atau simbol gubah masjid, rumah adat bagonjong serta hiasan telong-telong lainnya. Agar bisa bergerak dibantu mesin kapal yang memadai. Sehingga bisa bergerak mengelilingi danau.

Rakik-rakik semakin menarik dan indah, pemuda-pemuda kreatif tersebut menghiasinya dengan lampu hias. Sehingga menerangi Danau Maninjau digemerlap malam.

Candra (26) salah seorang pemuda Jorong Bancah, Nagari Maninjau menyebutkan, Rakik-rakik merupakan warisan nenek moyang yang sangat memiliki nilai-nilai filosofi yang tinggi dari sudut pandang keagamaan dan budaya. “Kami sebagai pewaris dan generasi muda akan terus melestarikannya,” ungkapnya.

Pembuatan rakik-rakik selain donatur masyarakat, juga banyak dari perantau tambahnya. “Pembuatan sudah dimulai sebelum Ramadan. Dan alhamdulillah, tahun ini perantau banyak pulang dan membantu biaya pembuatan” lanjut Candra.

Sementara itu, Walinagari Maninjau, Alfian mengapresiasi pemuda tersebut. Empat jorong dari lima, kompak memeriahkan Idul Fitri dengan tradisi rakik-rakik.

“Tahun ini kita melaksanakannya dua hari. Hari pertama dilaksanakan di masing-masing jorong. Di hari kedua, kita pertemukan di Tapian Panyinggahan. Salah satu destinasi wisata Danau Maninjau yang akan kita kembangkan,” ungkapnya.

Alfian melanjutkan, di tahun ini pula 3 unit rakik-rakik berkumpul di satu titik dan dihiasi pesta kembang api. “Ini murni hasil ide kreatif anak-anak muda Maninjau. Dan kami bangga melihat kekompakan mereka berkreasi dan berkarya,” terangnya.

Untuk ke depan lanjut Alfian, akan dikemas dan program lebih baik lagi. “Kita akan programkan bagaimana bisa berdampak pada peningkatan kunjungan dan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top