Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Indra Catri: Danau Maninjau Sumber Inspirasi, Lahirkan Pahlawan Nasional dan Laboratorium Ulama

Dibaca : 197

Linggai, Prokabar — Bupati Agam, Indra Catri melepas kebahagian dengan bernyayi kepada peserta USR Baiturrahmah di Destinasi Wisata Linggai, Nagari Duo Koto, Kabupaten Agam, Minggu (23/2). Dihadapan mahasiswa calon dokter dan berbagai ilmu kesehatan itu ia berkata, sangat tepat memilih Agam khususnya Kecamatan Tanjung Raya sebagai lokasi program bakti sosial kemasyarakatan.

“Karena di sini adalah daerah sumber inspirasi. Masyarakat Danau Maninjau sejak ratusan tahun lalu, sudah menyekolahkan anaknya ke berbagai belahan dunia. Artinya masyarakatnya sangat edukatif,” ungkapnya dihadapan ratusan Mahasiswa UNBRAH tersebut, Minggu (23/2).

Di sini lahir ulama-ulama hebat dan sekarang menjadi laboratorium ulama masa lalu di Ranah Minang. Seperti Syekh Muhammad Amrullah, Syekh Abdul Karim Amrullah dan Haji Abdul Malik Karim Amrullah. Tidak hanya itu, di Danau Maninjau ini juga mencetak Pahlawan Nasional terkemuka.

“Ada tiga Pahlawan Nasional yang lahir dan berasal dari Danau Maninjau ini. Sebut saja, Rasuna Said, Buya Hamka dan Muhammad Natsir,” terangnya.

Ada korelasi antara masyarakat dengan alamnya. “Dulu Danau Maninjau dengan alam yang sangat bersih, indah, sehat, sejuk dan sejahtera. Membuat sumber makanannya banyak, sehat dan penuh gizi. Sehingga melahirkan ulama hebat, membuat masyarakat berakidah, logika, beriman, dan bertaqwa dengan baik.

Namun sangat kita sayangkan lanjutnya, kini Danau Maninjau menjadi rusak. Dan butuh penanganan serius, terpadu dan bersama-sama. Butuh peranan semua pihak menuntaskan persoalan tersebut.

“Kita bersyukur kehadiran USR ini memperkuat ingatan kolektif masa lalu. Dan di sini, terdapat pelajaran serta nilai-nilai sejarah, maupun keteladan orang terdahulu. Kita jemput untuk hari ini dan menyonsong masa depan yang indah,” ujarnya lagi.

Bupati tamatan Doktor IPDN ini juga apresiasi Rektor Unbrah yang telah membawa Program University Society Responsibility ke Kampung Halaman Buya Hamka tersebut. “Perguruan tinggi ini satu-satunya yang sangat berbeda. Terkhusus dalam pengabdian diri ke tengah masyarakat. Dan ini program terbaik yang pernah saya tau dan rasakan,” tuturnya.

Mahasiswa beserta struktur yang telah diprogram, sudah disusun apik sedemikian rupa, sehingga membekas jelas dalam kehidupan masyarakat. Sesuai moto USR Baiturrahmah “Berani aksi, berani peduli,”.

“Baiturrahmah sangat beruntung mendapatkan Rektor ini,” terang Bupati Agam dua periode ini.

Selain ilmu pengetahuan umum, penanaman karakter sesuai kearifan lokal juga harus digali. Dengan mengaji, bersilat dan berpetatah petitih, sesuai budaya Minang.

“Selamat belajar, semoga menjadi orang-orang yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top