Peristiwa

Imigrasi Kelas II Agam Mulai Layani Pembuatan Passport di Lubuk Sikaping, Ini Jadwalnya

Pasaman, Prokabar — Masyarakat Pasaman semakin mudah mengurus passport. Sejak dibukanya pelayanan oleh kantor Imigrasi Kelas ll Agam bekerjasama dengan Pemkab Pasaman, di Humas Setda, masyarakat tidak perlu lagi repot-repot ke Agam.

“Cukup datang setiap hari Rabu, saja. Sementara waktu, palayanan kita pusatkan di Humas Setda Pasaman. Buka selama jam kerja,” kata Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, Kamis (11/4).

Pantauan Prokabar.com, pelayanan kedua, Rabu (10/4), antusias warga yang mengurus passport ternyata cukup tinggi. Bahkan, sampai antri pula.

“Masyarakat mengurus passport pada umumnya, untuk bekerja ke luar negeri, dan ada pula untuk melanjutkan pendidikan atau sekedar pergi berlibur,” lanjut Bupati Yusuf.

Selain membuat passport, ternyata pelayanan jemput bola ini, juga bisa untuk mengurus passport yang hilang. Kasi Inteldakim, Imigrasi Kelas II Agam, Deny Haryadi mengatakan, kalau paspor hilang tidak akan serta merta langsung bisa diterbikan atau dicetak ulang.

“Pemohon paspor yang hilang wajib melengkapi sejumlah berkas dan akan dibuat berita acara pemeriksaan terlebih dahulu,” ujar Deny.

Berita acara ini diperlukan untuk mengetahui secara jelas mengapa paspor bisa hilang. Berdasarkan alasan itu, apakah permohonan pemohon passport itu akan dikabulkan atau permohonan passport ditunda hingga disanksi.

“Paspor itu dokumen penting, maka pemegangnya harus menjaga dengan baik. Banyak pemilik passport yang lalai, kemudian hilang. Untuk itu hati-hatilah,” tutup Deny. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top