Pendidikan

IAIN Batusangkar Kedatangan Guru Besar Ilmu Fiqih

Tanah Datar, Prokabar – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar terus berbenah. Program peningkatan sumber daya manusia Dosen terus dilakukan dan menjadi investasi utama diantara program-program lainnya. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah guru besar IAIN Batusangkar.

Program percepatan guru besar IAIN Batusangkar itu juga sejalan dengan program Dirjen Diktis Kemenag RI melalui Sabbatical Leave. Program ini mengharuskan seorang guru besar dari PTKIN lain untuk mengabdi di PTKI lainnya.

Terkait dengan hal itu, IAIN Batusangkar menerima Prof. Dra. Nina Nurmila, MA, Ph.D, Guru Besar Bidang Ilmu Fiqih pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Program Sabbatical Leave bertujuan untuk memberikan kontribusi besar kepada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Insititut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang masih minim guru besar, sehingga program Sabbatical Leave dianggap mampu menjembatani dosen yang akan menjadi guru besar.

Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA menjelaskan, dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan selama 2 pekan, yang di mulai dari 2 hingga 21 November 2019, Rektor telah menginstruksikan semua lembaga di IAIN Batusangkar, seperti LPPM, LPM, Fakultas, dan Pascasarjana untuk bisa memanfaatkan kehadiran profesor Nina Nurmila yang menjadi narasumber di IAIN Batusangkar.

“Harapannya, setelah diberi pendampingan selama 2 minggu, IAIN Batusangkar yang menjadi sasaran program meningkat kualitas, baik secara akademik maupun tata kelolanya. Termasuk juga, peningkatan pada kuantitas jurnal yang terakreditasi dan hasil riset yang terpublikasi.”ucap kasmuri.

Prof. Dra. Nina Nurmila menerangkan, pelaksanakan Program Sabbatical Leave di IAIN Batusangkar, pertama Brain Storming mengenai bentuk Sabatical Leave dalam negeri tahun 2019, kedua pembahasan umum mengenai “Preoses Pengajuan Guru Besar”, ketiga Couching Clinik Artikel untuk publish di jurnal internasional bereputasi dan ke empat kegiatan konsultasi individu terhadap artikel peserta.

Sementar itu wakil Rektor bidang akedemik dan kelembagaan Desmita mengatakan dengan kehadiran Prof. Dra. Nina Nurmila, MA, Ph.D. IAIN dapat memanfaatkan beliau dengan kegiatan-kegiatan ilmiah lainnya, seperti seminar nasional dengan tema “How to publish in the internasional journal” dan sekaligus Upgrading Metodologi Penelitian untuk para dosen di IAIN Batusangkar.

“Tidak ketinggalan bagi mahasiswa Strata1 dan Strata 2 untuk bisa memanfaatkan kehadiran guru besar Guru Besar Bidang Ilmu Fiqih pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Nantinya kajian itu berupa Kuliah Umum dengan Tema “Menuju Internasionalisasi Kampus” Tutupnya. (eym)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top