Trending | News | Daerah | Covid-19

Pendidikan

Hebat, SMKN 1 Lubuk Sikaping Gratiskan Biaya Sekolah Siswa Baru yang Berprestasi

Dibaca : 160

Pasaman, Prokabar — Tahun ajaran baru di depan mata. Sudah pasti, penerimaan siswa baru bakal berlangsung. Di Pasaman, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lubuk Sikaping punya cara sendiri dalam menjaring siswa baru.

Pihak sekolah bakal langsung meluluskan atau menerima pelajar SMP yang berprestasi, baik di bidang akademik ataupun non akademik.

“Lebih hebatnya lagi, kami hari ini menggelar serangkain lomba dalam acara semarak SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping. Para juara I sampai III ditunjang latar prestasi akademik dan non akademik selama SMP, bakal mendapat beasiswa sepanjang masa pendidikan di SMK,” kata Ketua Panitia Acara sekaligus Wakil Kepala Sekolah, Febri didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat, Ratnawilis, Rabu (26/2).

Beasiswa yang dimaksud ialah, untuk juara I dalam lomba tersebut, siswa digratiskan dari segala biaya pendidikan selama bersekolah. Juara dua, dibantu beasiswa atau dapat pemotongan biaya pendidikan sebanyak 75 persen dan juara tiga sebanyak 50 persen.

“Ada lima cabang lomba yang kami gelar. Diikuti oleh 38 SMP se Pasaman. Cabang lomba ini mulai dari Matematikan, Bahasa Ingris dengan berpidato, agama di bidang MSQ, Bahasa Indonesia melalui poster dan lomba menyanyi solo. Juara I sampai III, berhak mendapat beasiswa yang kami maksud. Ditambah mereka juga bebas mau masuk jurusan apanya, mulai dari akutansi keauangan dan lembaga, bisnis daring dan pemasaran, otomatisasi tata kelola perkantoran, tata busana, jasa boga, perhotelan, desain informasi bangunan hingga rekayasa perangkat lunak,” tegas Ratnawilis.

Di sisi lain, kegiatan semarak ini memang bertujuan untuk menarik minat siswa-siswa berprestasi agar mau masuk SMK. Dimana, sebagai SMK terbaik, SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping mampu menciptakan lulusan siap kerja.

“Ini adalah salah satu inovasi kami dalam menghargai siswa berprestasi. Sama kita ketahui, dunia pendidikan saat ini penuh dengan persaingan mutu. Ini tidak lepas dari kebutuhan di dunia lapangan kerja. Makanya kami membuat inovasi ini. Kami meyakini, dengan mutu, siswa SMK kami yang lulus nanti, siap menghadapi dunia kerja mereka sesuai jurusan. Bahkan untuk menjajaki perguruan tinggi, lulusan kami juga berdaya saing. Contohnya saya, lulus di sini, kuliah di UNP dan kini mengajar di sini,” tukas Ratnawilis. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top